Ricuh soal Alquran di Lutut Dewa Hindu Bangladesh, 2 Tewas

has | CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 17:05 WIB
Setidaknya dua orang tewas akibat kericuhan di Bangladesh pada Jumat (15/10) yang dipicu viral video Alquran di lutut patung dewa Hindu. Setidaknya dua orang tewas akibat kericuhan di Bangladesh pada Jumat (15/10) yang dipicu viral video Alquran di lutut patung dewa Hindu. (AFP/Munir Uz Zaman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya dua orang tewas akibat kericuhan di Bangladesh pada Jumat (15/10) yang dipicu viral video Alquran di lutut patung dewa Hindu.

"Dua orang tewas sejak serangan kemarin. Kami sedang memburu pelakunya," ujar kepala kepolisian daerah Begumganj, Shahidul Islam, kepada AFP pada Sabtu (16/10).

Shahidul menjelaskan, kericuhan ini terjadi di tengah peningkatan ketegangan viral cuplikan video yang menunjukkan Alquran ditaruh di lutut dewa Hindu. Video itu diduga direkam saat festival Durga Puja.


Sejak video itu viral pada Rabu lalu, sudah ada sejumlah demonstrasi. Kericuhan kali ini terjadi pada Jumat, ketika ratusan umat Muslim berjalan berarak setelah salat Jumat.

Lebih dari 200 pengunjuk rasa itu kemudian menyerang kuil di mana umat Hindu sedang mempersiapkan upacara puncak festival Durga Puja. Massa memukuli dan menikam seorang anggota eksekutif komite kuil itu hingga tewas.

Sehari kemudian, kepolisian juga menemukan jasad pria Hindu lainnya di satu kolam di dekat kuil tersebut. Dengan demikian, jumlah korban tewas menjadi dua orang.

Kericuhan ini sendiri bukan yang pertama di Bangladesh selama sepekan belakangan. Pada Rabu lalu, sekitar 500 orang juga menyerang satu kuil Hindu di Hajiganj.

[Gambas:Video CNN]

Kepolisian melepas tembakan ke arah massa untuk membubarkan kerumunan. Setidaknya empat orang tewas dalam insiden ini.

Pemimpin komunitas Hindu di Bangladesh, Gobinda Chandra Pramanik, mengatakan bahwa secara keseluruhan setidaknya 150 orang Hindu terluka akibat peningkatan ketegangan terkait video Alquran tersebut.

Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, sendiri sudah bertemu dengan komunitas Hindu pada Kamis lalu. Ia berjanji bakal mengambil tindakan tegas.

"Sejauh ini, sekitar 90 orang sudah ditahan. Kami juga akan memburu semua otak di balik insiden-insiden ini," ucap Menteri Dalam Negeri Bangladesh, Asaduzzaman Khan.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER