Besok, Bill Clinton Dijadwalkan Pulang dari RS

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 10:52 WIB
Mantan presiden AS ke-42 Bill Clinton masih dirawat di RS. Ia baru dijadwalkan pulang selesai perawatan esok hari, Minggu (17/10) waktu AS. Mantan presiden AS ke-42 Bill Clinton masih dirawat di RS. Ia baru dijadwalkan pulang selesai perawatan esok hari, Minggu (17/10) waktu AS. (AFP/Alyssa Pointer).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton masih dirawat di rumah sakit (RS) California. Ia diminta perawatan ekstra satu hari di RS karena infeksi yang dideritanya.

Juru Bicara Angel Urena memastikan Bill Clinton dirawat bukan karena terinfeksi covid-19.

Dalam unggahan twitternya, Angel mengatakan bahwa Bill akan tetap berada di RS untuk terus menerima antibiotik IV sebelum dipulangkan keesokan harinya.


"Ia sangat bersemangat dan telah menghabiskan waktu bersama keluarga, berkumpul dengan teman-teman, dan menonton pertandingan sepak bola perguruan tinggi," cuit Urena dikutip AFP, Minggu (17/10).

Menurut The New York Times seorang ajudannya melaporkan Clinton menderita infeksi saluran kemih yang berubah menjadi sepsis.

Sepsis adalah reaksi tubuh terhadap infeksi tertentu. Penyakit ini telah menjangkiti 1,7 juta orang di AS dan 270 ribu orang di antaranya meninggal dunia setiap tahunnya.

Bill sendiri telah dirawat di unit perawatan khusus (ICU) rumah sakit sejak Selasa (12/10) akibat penyakit yang dideritanya.

Lisa Bardack, Kepala RS Alpesh Amin dan ahli kesehatan, menuturkan Clinton dibawa ke ICU dengan alasan keamanan dan privasi. Bukan untuk perawatan intensif.

Ini bukan kali pertama ia masuk rumah sakit. Sebelumnya pada 2004, Clinton menjalani operasi bypass empat kali, setelah dokter menemukan tanda-tanda penyakit jantung yang parah. Enam tahun kemudian dia memasang stent di arteri koronernya.

Diberitakan CNN.com, Bill Clinton dirawat di University of California Irvine Medical Center di Orange, California.

Mantan menteri Luar Negeri AS sekaligus istri Bill Clinton, Hillary Clinton dan putrinya Chelsea Clinton tiba di rumah sakit pada Sabtu pagi untuk menjenguk.

(fry/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER