Truk Jatuh ke Sungai di Kongo, 50 Warga Tewas

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 03:20 WIB
Sebuah truk jatuh di Sungai Kaluma-Ngongo, Republik Demokratik Kongo, pada Selasa (19/10), dan menewaskan setidaknya 50 orang. Sebuah truk jatuh di Sungai Kaluma-Ngongo, Republik Demokratik Kongo, pada Selasa (19/10), dan menewaskan setidaknya 50 orang. Ilustrasi. (Istockphoto/ imagedepotpro).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah truk jatuh di Sungai Kaluma-Ngongo, Republik Demokratik Kongo, pada Selasa (19/10). Kejadian itu menewaskan setidaknya 50 orang penumpang.

"Sebuah truk jatuh ke Kaluma-Ngongo dengan lebih dari 50 penumpang di dalamnya" kata Juru Bicara Pemerintah Daerah Haut-Katanga Harce Kayumba seperti dikutip dari AFP.

Penyelam berupaya melakukan pencarian. Namun, hanya dua korban yang berhasil diselamatkan dan dirawat di rumah sakit.


Kayumba menambahkan pencarian penumpang lainnya masih berlanjut. Namun, ia tak memberikan rincian lebih lanjut tentang kecelakaan itu.

Di provinsi tetangga Lualaba, tergelincirnya kereta barang "menyebabkan kematian sembilan orang dan menyebabkan 36 luka-luka, 11 serius," kata Menteri Dlam Negeri Provinsi Adeoda Kapenda kepada AFP.

Kecelakaan di jalan sering terjadi di Republik Demokratik Kongo. Penyebabnya mulai dari pengabaian peraturan lalu lintas hingga kendaraan tua yang tidak menjalani pemeriksaan teknis.

Sebagai catatan, sebagian besar jalan di Kongo hanyalah jalur tanah dan pengemudi sering kali kurang terlatih dan/atau mabuk.

Kecelakaan kereta api juga sering terjadi, yang menyebabkan banyak kematian karena penumpang gelap sering melompat ke gerbong kereta. Aksi penumpang gelap itu tak lepas dari kondisi jalan yang buruk dan kurangnya kereta penumpang.

(afp/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER