Melancong di Spanyol, Jack Ma Pertama Keluar China Sejak 2020

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 08:06 WIB
Pendiri Alibaba Group Jack Ma disebut sempat melancong di Santa Ponsa, Pulau Mallorca, Spanyol. Bos Alibaba Jack Ma nongol di Santa Ponsa, Pula Mallorca, Spanyol. (AFP/JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bos Alibaba Group Jack Ma disebut sempat melancong di Santa Ponsa, Pulau Mallorca, Spanyol. Informasi ini disampaikan oleh dua media lokal asal negara itu, yang melihat kapal mewah Jack Ma berlabuh.

Untuk kali pertama pula sejak 'ribut-ribut' dengan Pemerintah China pada 2020, Jack Ma berada di luar China.

Superyacht Zen yang dikabarkan milik Ma terlihat bergerak di wilayah pantai barat laut Mallorca dalam beberapa hari terakhir.


Surat kabar Diario de Mallorca menyatakan Ma sempat terlihat membeli perabotan rumah di Pelabuhan Andratx, Mallorca pada Selasa (19/10).

Kapal mewah ini juga terlihat di Pantai Santa Rosa pada Rabu (20/10). Namun, juru kamera Reuters hanya melihat kapal-kapal kecil pendukung dari pantai yang kembali ke superyacht, tanpa membawa Ma.

Surat kabar El Pais juga mengabarkan kalau Ma terlihat berada di Kepulauan Balearic, Spanyol sejak Sabtu (16/10). Kabarnya, Ma ditemani oleh beberapa pebisnis China dan tim keamanannya.

Kabar ini kemudian didukung oleh kantor berita South China Morning Post yang ada di Hongkong, yang melaporkan bahwa Ma berada di Spanyol untuk melakukan studi wisata di bidang pertanian dan teknologi, pada Selasa (19/10). Kantor berita ini dimiliki oleh Alibaba.

Perjalanan ke Spanyol ini dilakukan setelah Ma menghabiskan waktu bersama keluarganya di Hong Kong pada pertengahan Oktober lalu.

Ma juga disebut sering menghabiskan waktunya di Kepulauan Balearic.

Pendiri Alibaba ini pensiun dari perusahaannya pada 2019. Miliarder asal China ini juga sempat menghilang setelah ia mengkritik regulasi pemerintah China dalam pidatonya tahun lalu.

Pidato itu memicu penangguhan IPO (penawaran saham perdana untuk umum) perusahaannya, Group Ant, senilai US$37 miliar.

Dalam IPO, perusahaan swasta mendaftarkan sahamnya di bursa saham. Pendaftaran ini membuat saham perusahaan tersebut dapat dibeli masyarakat umum, dikutip dari Forbes. Sejak saat itu, Jack Ma jarang muncul di hadapan publik.

Sementara itu, broker menyebut bahwa keleluasaan Jack Ma untuk bepergian ini merupakan tanda pemerintah China mulai melonggarkan pengawasannya terhadap Alibaba Group.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER