Cerita WNI soal Pantai Bebas Bikini di Arab Saudi

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 07:35 WIB
Cerita WNI, Tri Suci, soal sejumlah pantai yang membolehkan pakai bikini di Arab Saudi. Pengunjung perempuan dibolehkan memakai bikini di pantai King Abdullah Economic City, Arab Saudi. (AFP/FAYEZ NURELDINE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi membeberkan kondisi di kawasan King Abdullah City yang disebut melonggarkan aturan salah satunya bebas memakai bikini.

AFP melaporkan, kawasan pesisir di King Abdullah Economic City dibuka untuk turis, yang boleh datang berpasangan. Area ini berbatasan dengan Laut Merah.

Para wisatawan disebut boleh mengenakan pakaian renang bahkan bikini di kompleks hotel atau jalanan.


Tri Suci menceritakan saat dirinya berkunjung ke Science Technology University di King Abdullah City.

Menurutnya, kawasan tersebut memang mengizinkan kolam renang campur bagi laki-laki dan perempuan dengan pakaian bebas. Mengingat di lokasi itu banyak warga negara asing.

"Memang benar ada kolam renang campur (untuk lelaki dan perempuan) karena kan mahasiswanya dari luar negeri," ujar Tri saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (18/10).

Tri mengatakan beberapa tempat wisata atau hiburan di Arab Saudi sudah ada yang membuka pantai untuk umum, yang tadinya bersifat privat dan ketat. Mulanya untuk rekreasi keluarga, lambat laun pasangan laki-laki dan perempuan, hingga kemudian pakaian bebas.

"Sebenarnya bukan identik bikini. (tapi) berpakaian bebas," lanjutnya.

Di kawasan King Abdullah City, menurut Tri, aturan bergantung penguasa wilayah tersebut. Selain soal pakaian, kebijakan mengenai dokumentasi juga ketat.

Jika akan memasuki tempat rekreasi di kota itu, akan ada larangan untuk mengambil gambar atau merekam keadaan. Bila petugas mendapati ada yang merekam, mereka akan mengambil HP atau alat yang digunakan perekam dan meminta agar segera dihapus.

"Karena mereka sudah memberi aturan yang mana kita enggak boleh merekam. Kalau merekam, HP kita diambil, minta dihapus sesegera mungkin," katanya

"Ya itu lah aturan di tempat-tempat yang terlarang bagi kita orang luar," Tri melanjutkan.

Lanjut baca di halaman berikutnya...



Pantai Bebas Bikini di Saudi Bukan Hal Baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER