Rachel Levine, Transpuan Pertama Berpangkat Jenderal di AS

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 20:45 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine, mencatat sejarah sebagai transpuan pertama yang dilantik sebagai jenderal di Negeri Paman Sam. Wakil Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine, mencatat sejarah sebagai transpuan pertama yang dilantik sebagai jenderal bintang empat. (Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine, mencatat sejarah sebagai transpuan pertama yang dilantik sebagai jenderal bintang empat di Negeri Paman Sam.

Dengan pelantikan pada Selasa (19/10) itu, Levine kini menjabat sebagai laksamana Korps Layanan Kesehatan Masyarakat AS.

"Ini kesempatan penting, dan saya merasa terhormat mengemban jabatan ini untuk dampak yang bisa saya buat dan sejarah yang dilambangkannya" ujar Levine saat upacara pelantikannya, seperti dikutip CNN, Selasa (19/10).


Levine juga berkata, "Saya mewakili LGBTQ yang lebih dulu muncul sebelum saya, baik yang dikenal maupun tidak. Mungkin pelantikan hari ini menjadi pertama dari banyak hal yang sudah kita ciptakan dalam keberagaman dan masa depan yang lebih inklusif."

Ia berjanji akan menjunjung tinggi jabatan yang sudah diberikan kepadanya dan berusaha semaksimal mungkin. Seorang jenderal ahli bedah AS, Vivek Murthy, turut buka suara atas pelantikan Levine.

"Kami sangat bangga Levine bergabung dengan 6.000 pejabat di USPHS yang berada di garis terdepan melayani masyarakat melawan penyakit dan kondisi kesehatan yang buruk," ujar Murthy.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Sekretaris Departemen Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan (HHS), Xavier Becerra, menyebut penunjukan Levine sebagai langkah progresif menuju kesetaraan di negara tersebut.

"Sebuah langkah besar menuju kesetaraan sebagai bangsa. Ini adalah momen yang membanggakan untuk kita di HHS" katanya dalam pernyataan resmi.

Awal 2021, Levine juga mencetak sejarah sebagai transpuan pertama yang menjabat di pemerintahan AS. Ia merupakan dokter anak yang pernah menjadi sekretaris kesehatan Pennsylvania. Levine menjadi laksamana keenam yang memiliki bintang empat di pundaknya.

(isa/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER