Kapal Perang Terbesar Australia Berlabuh di Jakarta

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 13:03 WIB
Kapal induk yang merupakan armada terbesar Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada hari ini, Senin (25/10). Kapal induk yang merupakan armada terbesar Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada hari ini, Senin (25/10). (CNN Indonesia/Anisa Dewi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal induk yang merupakan armada terbesar Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada hari ini, Senin (25/10).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, HMAS Canberra diiringi dua kapal saat memasuki pelabuhan tersebut sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan kapal juga disambut marching band dari pasukan Angkatan Laut Indonesia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny William, bahwa kunjungan kapal HMAS Canberra ini merupakan bagian dari agenda Indo-Pacific Endeavour (IPE) 2021. Menurutnya, IPE 2021 digelar untuk meningkatkan kerja sama kedua negara.


"HMAS Canberra di Jakarta untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, bantuan kemanusiaan," ujarnya saat menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, Indonesia dan Australia sudah memiliki hubungan diplomasi yang kuat, salah satunya terlihat saat Canberra mengirim bantuan ketika KRI Nanggala tenggelam.

Senada dengan William, Atase Angkatan Laut Australia untuk Indonesia, Rod Griffith, mengungkapkan bahwa kehadiran kapal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kerja sama seluruh angkatan bersenjata kedua negara.

"Umumya, IPE 21 meningkatkan kerja sama bukan Angkatan Laut saja, tapi semua angkatan bersenjata dari dua negara," katanya.

Selain itu, Griffith juga mengatakan bahwa Indonesia dan Australia akan menggelar pelatihan kapal perang bersama di Surabaya pada 29 Oktober-3 November mendatang.

[Gambas:Video CNN]

Indonesia merupakan negara terakhir yang dikunjungi HMAS Canberra. Sebelumnya, awak kapal sudah ke negara di Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Kamboja.

HMAS Canberra merupakan kapal landing helicopter dock (LHD) dan aset Pemulihan Bencana dan Kemanusiaan yang paling mumpuni di AL Australia. Kapal ini memiliki berat 27 ribu ton dengan panjang 230 meter.

Kapal ini dirancang untuk memberikan bantuan medis dan kemanusiaan selama keadaan darurat di kawasan. Di HMAS Canberra terdapat satu rumah sakit berkapasitas 40 tempat tidur, ruang operasi, dek penerbangan yang mencapai 200 meter, dan kapasitas penyimpanan hingga 7 ribu ton kargo.

Pada 2019, kapal ini juga pernah mengunjungi Indonesia dengan tujuan yang sama, meningkatkan kerja sama kawasan. Saat itu, awak media berkesempatan masuk dan berkeliling di dalam kapal. Kali ini, lantaran pandemi Covid-19 masih merebak, safari kapal hanya dilakukan virtual.

(isa/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER