Mengenal Pangeran Hisahito, Calon Pewaris Takhta Kekaisaran Jepang

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 16:18 WIB
Keponakan Kaisar Jepang yang juga adik Putri Mako, Pangeran Hisahito, disebut akan menjadi pewaris takhta kekaisaran Negeri Sakura itu. Pangeran Hisahito calon pewaris takhta kekaisaran Jepang. (AFP/EUGENE HOSHIKO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keponakan Kaisar Jepang yang juga adik Putri Mako, Pangeran Hisahito, disebut akan menjadi pewaris takhta kekaisaran Negeri Sakura itu.

Pernikahan Putri Mako dan kekasihnya yang warga sipil biasa, Kei Komuro, menjadi sorotan publik.

Selain masalah finansial keluarga Komura, sikap tegas Putri Mako untuk melepas gelar kekaisaran dan hengkang dari istana juga memicu perdebatan.


Putri Mako memutuskan tetap menikah dengan kekasihnya meski banyak pihak menentang. Setelahnya, mereka akan pindah ke New York dan menjalani hidup sebagai warga biasa pada umumnya.

Pewaris tahta kemudian akan jatuh ke Pangeran Hisahito. Ia digadang-gadang menjadi Kaisar, lantaran anak Kaisar Nuruhito seorang perempuan, Putri Aiko.

Secara silsilah keluarga, Pangeran Hisahito berada di garis kedua kekaisaran Jepang.

Merujuk pada aturan Kekaisaran Jepang, hanya laki-laki dengan garis keturunan dari kaisar yang bisa naik ke Tahta Krisan.

Sementara perempuan dilarang naik takhta, di bawah aturan saat ini. Selain Putri Mako, pangeran Hisahito juga memiliki kakak perempuan lain yakni Putri Kako.

Mereka berdua tak bisa mewarisi Kekaisaran. Jika mereka menikah dengan warga sipil biasa, bahkan saat dikaruniai anak laki-laki.

Usia Pangeran Hisahito baru menginjak 15 tahun pada 6 September lalu, demikian dikutip dari Kyodo News.

Saat ini, ia tengah menempuh pendidikan di SMP Universitas Ochanomizu. Setelah lulus, ia diharapkan melanjutkan sekolah yang tak berkaitan dengan kampus itu. Sebab, sekolah menengah yang berafiliasi dengan Universitas Ochanomizu merupakan sekolah khusus perempuan.

Ia juga tergabung dalam tur pendidikan untuk mendengar pelajaran yang diberikan para pekerja sosial.

September tahun lalu, pangeran dan teman-temannya merilis video dan poster wawancara mereka dengan orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19.

Pangeran juga pernah menang dalam kompetisi sastra yang digelar pemerintah kota Kitakyushu. Tulisan yang dikirimkannya dalam lomba berisi kenangan perjalanan ke Kepulauan Ogasawara, bersama ibunya, Putri Mahkota Kiko.

Di umurnya yang masih tergolong belia, Pangeran Hisahito mempelajari banyak hal. Agustus lalu, ia mendengar pengalaman para penyintas gempa tsunami tahun 2011, dan gempa di Prefektur Kumamoto pada 2016.

Kaisar Naruhito naik takhta usai Kaisar Akihito mundur karena faktor usia dan kesehatan. Ia kemudian meresmikan adiknya, pangeran Akishino menjadi putra mahkota di urutan pertama.

Jelang pengumuman pewaris takhta kekaisaran muncul perdebatan apakah anak semata wayang Kaisar Nuruhito, Putri Aiko, atau adik laki-lakinya itu.

Tahta itu lalu jatuh ke Pangeran Akishino. Meski demikian dukungan beberapa kelompok untuk Putri Aiko muncul. Namun keputusan tetap tidak bisa diganggu gugat.



(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER