Alasan Kesehatan, Ratu Elizabeth II Batal Hadir di KTT COP26

AFP | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 01:10 WIB
Ratu Elizabeth II sempat dirawat di rumah sakit pekan lalu. Kini, Istana mengabarkan bahwa sang Ratu masih butuh istirahat. Ratu Elizabeth II sempat dirawat di rumah sakit pekan lalu. Kini, Istana mengabarkan bahwa sang Ratu masih butuh istirahat. (Foto: AFP/PAUL EDWARDS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratu Elizabeth II dipastikan batal hadiri KTT Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow atas alasan kesehatan.

Hal tersebut diumumkan oleh pihak Istana Buckingham, melanjutkan kabar Ratu Elizabeth II yang sempat dirawat di rumah sakit akibat kondisinya menurun.

"Dengan penuh sesal memutuskan bahwa dia tidak akan lagi melakukan perjalanan ke Glasgow" tulis keterangan resmi Istana, Selasa (26/10).


Sebagai pengganti, Ratu Elizabeth II akan menyampaikan pidato yang direkam video, dan disaksikan tamu konferensi yang digelar 1 November mendatang tersebut.

Sebelum memutuskan batal hadiri KTT Perubahan Iklim PBB COP26, ratu juga sempat membatalkan perjalanannya ke Irlandia Utara pekan lalu karena alasan kesehatan.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan kesehatan sang ratu. Pasalnya, pekan lalu ia kembali jalani rawat inap di rumah sakit setelah terakhir jalani rawat inap 2013 silam.

Elizabeth II kini telah berusia 95 tahun. Ia telah memimpin sejak 1952. Ia selalu hadir dalam acara resmi dan nampak sehat.

Pihak Istana menyebut Ratu Elizabeth II kini butuh waktu untuk beristirahat demi alasan kesehatan.

KTT Perubahan Iklim PBB COP26 sendiri berencana mempertemukan pemimpin-pemimpin negara. Sejauh ini, lebih dari 120 pemimpin negara disebut mengkonfirmasi kehadirannya

COP26 bakal digelar pada 31 Oktober hingga 12 November 2021. Pertemuan itu akan menjadi konferensi iklim terbesar sejak pembicaraan penting di Paris pada 2015, dan dipandang sebagai langkah penting dalam menetapkan target emisi di seluruh dunia untuk memperlambat pemanasan global.

(AFP/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER