China Akan Bangun Pangkalan Polisi di Tajikistan Dekat Afghanistan

rds | CNN Indonesia
Jumat, 29 Okt 2021 09:12 WIB
China memberikan bantuan Tajikistan senilai US$8,5 juta untuk membangun pangkalan polisi di Distrik Ishkashim. Jubir Kemlu China, Wang Wenbin. (Foto: AFP/Greg Baker)
Jakarta, CNN Indonesia --

China berencana membangun pangkalan polisi di Tajikistan dekat perbatasan Afghanistan.

Rencana itu diungkap seorang pejabat Tajikistan dan berlangsung di tengah kekhawatiran jika rezim Taliban tak dapat membendung kebangkitan kelompok-kelompok ekstremis di Afghanistan.

Seorang juru bicara parlemen Tajikistan mengatakan kepada AFP bahwa majelis rendah telah menyetujui rencana China itu.

Pangkalan polisi tersebut rencananya akan dibangun di distrik Ishkashim di Provinsi Gorno-Badakhshan yang berada di daerah pegunungan.

"Semua pembangunan dibiayai oleh pihak China. Setelah pembangunan, pangkalan itu akan dialihkan ke kepolisian Tajik," kata juru bicara yang enggan disebutkan namanya pada Kamis (28/10).

Tajikistan menuturkan rencana pembangunan pangkalan itu merupakan bentuk perluasan kerja sama keamanan antara Dushanbe dan Beijing.

Pejabat itu mengatakan China memberikan bantuan senilai US$8,5 juta untuk membangun pangkalan itu.

Sementara itu, di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengaku tak mengetahui soal rencana tersebut.

Namun, selama ini China memang memiliki kedekatan dengan Tajikistan dan beberapa negara pecahan Uni Soviet lainnya.

Tajikistan merupakan negara berpenduduk 9,5 juta dan telah menikmati banyak bantuan keuangan dari China dan Amerika Serikat. Negara itu bahkan menjadi pangkalan militer utama luar negeri Rusia.

Selain Rusia, China juga dilaporkan menempatkan fasilitas militer bersama dengan Tajikistan di Gorno-Badakhshan, yang berbatasan dengan Xinjiang, rumah mayoritas etnis minoritas Muslim Uighur.



(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER