7 Negara Termuda di Dunia, Eritrea hingga Sudan Selatan

Tim | CNN Indonesia
Senin, 08 Nov 2021 13:39 WIB
Beberapa negara termuda di dunia berikut resmi berdiri pada satu hingga tiga dekade ke belakang. Sudan Selatan merupakan negara termuda di dunia. (AFP PHOTO / Stefanie GLINSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di seluruh dunia, ada sekitar 195 negara yang diakui secara resmi. Masing-masing negara juga telah terdaftar keanggotaannya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Beberapa negara telah berdiri sejak ribuan tahun lalu. Namun, ada juga beberapa negara yang baru berdaulat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Berikut daftar 7 negara termuda di dunia, dilansir dari World Atlas.

1. Sudan Selatan (2011)

Sudan Selatan merupakan negara paling muda di dunia. Resmi berdiri pada 9 Juli 2011, negara ini memiliki area seluas 619.745 kilometer persegi dengan populasi sekitar 13,7 juta jiwa (2021).

Negara ini resmi berdiri setelah puluhan tahun berkonflik dengan Sudan.

Meski telah dianggap merdeka, namun konflik antara Sudan dan Sudan Selatan masih terus berlangsung. Perang saudara yang terjadi sejak 2013 lalu menewaskan sekitar 300 ribu orang dan membuat 3 juta orang lainnya mengungsi.

2. Kosovo (2008)

Visitors walk along a fence at the Pristina Bear Sanctuary in the village of Mramor on February 12, 2021. - The story of the sanctuary began after a group of Austrian soldiers deployed as part of KFOR -- a NATO force in Kosovo -- were shocked by the sight of bears trapped in cages for the amusement of restaurant patrons. Today, nearly 20 bears rescued from that abuse now live in the rolling 16-hectare (40-acre) refuge near the capital Pristina, replete with trees, berry bushes, ponds and artificial dens. (Photo by Armend NIMANI / AFP)Kosovo menjadi salah satu negara termuda di dunia yang resmi berdiri pada 2008 lalu. (Photo by Armend NIMANI / AFP)

Kosovo terletak di Semenanjung Balkan Eropa. Negara ini mencakup area seluas 10.887 kilometer persegi dengan populasi lebih dari 1,873 juta jiwa (2020).

Salah satu negara termuda di dunia ini memproklamirkan kemerdekaannya pada Februari 2008 dari Serbia. Kemerdekaan Kosovo telah diperdebatkan dan hanya diakui secara resmi oleh 110 dari 193 anggota PBB.

Sebelumnya, Kosovo dianggap sebagai wilayah politik yang terpisah di bawah Kekaisaran Ottoman. Namun, saat kekaisaran itu jatuh pada 1913, Kosovo terbagi antara Montenegro dan Serbia.

Setelah Perang Dunia I, semua negara ini menjadi bagian dari Yugoslavia. Di bawah Yugoslavia, Kosovo dianggap sebagai wilayah otonom.

3. Montenegro (2006)

Sama seperti Kosovo, Montenegro terletak di Semenanjung Balkan Eropa. Montenegro berdiri di atas area seluas 13.812 kilometer persegi dengan populasi sebanyak 678.931 jiwa.

Setelah Yugoslavia dibubarkan pada tahun 1992, Montenegro bergabung dengan Serbia dan membentuk Republik Federal Yugoslavia yang tak diakui oleh PBB. Pada tahun 2003, republik ini berubah nama menjadi Serbia dan Montenegro.

Montenegro dipisahkan dari Serbia melalui referendum pada 23 Mei 2006. Kala itu, lebih dari 55 persen penduduk Montenegro memilih untuk merdeka.

Negara ini secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006 dan telah diakui secara resmi oleh Uni Eropa dan menjadi anggota tetap PBB.

Simak daftar negara termuda di dunia lainnya di halaman berikutnya...

7 Negara Termuda di Dunia, Eritrea hingga Sudan Selatan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER