KILAS INTERNASIONAL

100 Hari Rezim Taliban sampai Korut Hukum Mati Penyelundup Squid Game

CNN Indonesia
Jumat, 26 Nov 2021 06:41 WIB
100 hari rezim Taliban di Afghanistan hingga Korut hukum penyelundup serial Squid Game meramaikan berita internasional pada Kamis (25/11). Serial Netflix asal Korsel Squid Game yang mendunia. (Foto: Arsip Netflix via Twitter @netflixkr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Momen 100 hari rezim Taliban di Afghanistan hingga Korea Utara hukum penyelundup dan penonton serial Squid Game meramaikan berita internasional pada Kamis (25/11).

Berikut kilas berita internasional kemarin.


1. 100 Hari Taliban, Afghanistan di Ambang Kehancuran

Afghanistan berada di ambang kolaps di 100 hari pertama rezim Taliban kembali berkuasa di negara itu pada Selasa (23/11).
Sampai saat ini, Taliban masih berjuang ke sana kemari mencari pengakuan dunia internasional di tengah ancaman kebangkrutan dan krisis ekonomi.


Menteri Luar Negeri Afghanistan rezim Taliban, Amir Khan Muttaqi, terus melakukan upaya diplomatik agar dunia internasional mau mengakui kelompoknya sebagai pemerintah Afghanistan yang sah.

Di saat yang bersamaan, Taliban juga dihadapkan dengan berbagai tantangan mulai dari teroris ISIS-K, krisis kelaparan, hingga ancaman kebangkrutan yang kian membuat hidup warga Afghanistan terpuruk.


2. Filipina Tolak Tuntutan China soal Pindah Kapal di LCS

Filipina menolak tuntutan China untuk memindahkan bangkai kapal yang terdampar sejak lama di Second Thomas Shoal, Laut China Selatan.

"Kapal itu sudah ada di lokasi sejak tahun 1999. Jika ada komitmen untuk memindahkan akan dilakukan sejak lama," ujar Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, seperti dikutip Reuters.

Pernyataan itu muncul sebagai respons Filipina atas permintaan China yang mengatakan Manila telah berkomitmen akan memindahkan bangkai kapal BRP Sierra Madre, yang sudah tertambat di Second Thomas Shoal sejak 1999.


3. Korut Hukum Mati Penyelundup Serial Squid Game

Korea Utara menghukum mati warga yang menyelundupkan serial hit Netflix asal Korea Selatan, Squid Game.
Seorang sumber anonim mengatakan kepada Radio Free Asia bahwa pihak berwenang menjatuhkan hukuman ini setelah aparat melihat tujuh anak sekolah menengah atas menonton film tersebut.

"Kejadian ini dimulai pada Minggu lalu, ketika seorang murid SMA diam-diam membeli USB. USB itu memuat film asal Korea Selatan Squid Game dan pelajar tadi menonton seri itu bersama beberapa temannya di kelas," kata sumber anonim itu.

Biro Pengawasan 109 Sanmu lantas menangkap para pelajar tersebut. Biro tersebut memang bertugas khusus untuk menangkap orang yang menonton video ilegal di Korut.

Menurut sumber itu, penyelundup tersebut membawa hasil bajakan film Squid Game dari China dan menjualnya dalam bentuk USB.

Sumber ini juga menyatakan bahwa warga penyelundup itu akan dihukum mati. Proses eksekusi akan dilakukan oleh regu penembak.

(rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER