Badai Arwen Amuk Utara Inggris, Satu Orang Tewas

CNN Indonesia
Sabtu, 27 Nov 2021 17:39 WIB
Badai Arwen tengah melanda kawasan utara Inggris. Satu pria tewas ketika mobilnya ditabrak pohon tumbang di Irlandia Utara. Ilustrasi badai. Badai Arwen tengah melanda kawasan utara Inggris. Satu pria tewas ketika mobilnya ditabrak pohon tumbang di Irlandia Utara. (Brandon Morgan/Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pria tewas, aliran listrik di ribuan rumah terputus dan pengemudi terjebak di jalan yang membeku semalaman, saat badai dahsyat melanda utara Inggris, kata pihak berwenang Sabtu (27/11).

Pria itu tewas ketika mobilnya ditabrak pohon tumbang di Irlandia Utara pada Jumat (26/11) malam, kata polisi, ketika "Badai Arwen" memicu peringatan "cuaca merah" yang langka dari Kantor Met Inggris.

"Orang-orang harus menjauh dari pantai karena ombak dan puing-puing amat berbahaya," kata dinas meteorologi.


Membawa hembusan angin hampir 160 kilometer per jam, angin kencang menyebabkan pemadaman listrik ke lebih dari 55 ribu pelanggan di utara Inggris, kata penyedia listrik di kawasan itu.

Layanan kereta ekspres dihentikan di utara Newcastle, dan jalan-jalan ditutup oleh puing-puing yang jatuh di beberapa bagian Skotlandia, sementara hujan salju dari Jumat sore membawa gangguan ke rute secara lebih luas.

Salju dan pohon tumbang menyebabkan penyumbatan jalan di Inggris utara dan Skotlandia, memaksa banyak pengemudi untuk tidur di kendaraan mereka semalaman, menurut polisi lalu lintas dan media sosial.

Sekitar 120 truk "terjebak di salju" di satu bagian jalan raya antara Manchester dan Leeds di utara Inggris, kata polisi, mengunggah cuitan gambar jalan yang diselimuti warna putih sebelum mesin pengeruk salju dapat dikerahkan.

Sementara angin telah mereda pada Sabtu pagi, Kantor Met memperingatkan kondisi akan tetap menantang dan masyarakat didesak untuk menghindari perjalanan yang tidak penting.

(AFP/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER