Inggris Deteksi Dua Kasus Covid Omicron

CNN Indonesia
Sabtu, 27 Nov 2021 22:24 WIB
Setelah proses WGS yang intensif, Inggris mengonfirmasi dua kasus varian Covid-19, Omicron, dari selatan Afrika yakni di Nottingham dan Chelmshofrd. Ilustrasi. Seorang perempuan baya mengenakan masker di London sebagai salah satu upaya meminimalisasi risiko tertular Covid-19. (AFP/Daniel Leal-olivas)
Jakarta, CNN Indonesia --

Inggris mengonfirmasi dua kasus varian Covid-19, Omicron. Dua pasien yang diketahui terjangkit varian Covid Omicron itu diketahui baru melakukan perjalanan dari selatan Afrika.

"Setelah semalaman pengurutan genome, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengonfirmasi ada dua kasus Covid-19 dengan mutasi B.1.1.529 (Omicron) telah teridentifikasi di Inggris," demikian pernyataan resmi pemerintahan Inggris seperti dikutip dari AFP, Sabtu (27/11).

"Dua kasus ini terkait dan ada sebuah hubungan dengan perjalanan ke selatan Afrika," imbuh pernyataan tersebut.


Satu kasus terdeteksi di Inggris tengah yakni kota Nottingham dan lainnya di Chelmshofrd, timur London.

"Kami melakukan pemindahan dengan cepat, dan individu-individu itu saat ini masih isolasi mandiri sementara penelusuran kontak masih berlanjut," ujar Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid.

Javid menerangkan pemerintahan Inggris telah menambah empat negara Afrika lagi yang masuk daftar merah terkait Omicron. Empat negara itu adalah Malawi, Mozambik, Zambia, dan Angola.

Sebelumnya, Inggris sudah memasukkan enam negara di wilayah Afrika selatan terkait kewaspadaan atas varian Covid Omicron. Enam negara itu adalah Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, dan Botswana.

"Ini adalah pengingat nyata bahwa kita belum keluar dari pandemi ini," kata Javid.

Pihaknya pun mendesak agar masyarakat mendapatkan booster vaksin Covid-19.

"Kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan," kata dia.

Sementara itu terkait Covid-19, pemerintahan Inggris sejak beberapa waktu lalu telah melonggarkan aktivitas masyarakat di sana, termasuk untuk menyaksikan laga-laga sepak bola di stadion.

(AFP/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER