Jurus Berbagai Negara Redam Penyebaran Varian Omicron

CNN Indonesia
Kamis, 02 Dec 2021 11:36 WIB
Sejumlah negara mulai menyiapkan cara untuk meredam pengebaran Covid-19 varian Omicron di wilayah mereka. Cara Hong Kong hingga Singapura redam penyebaran Covid-19 varian Omicron. (REUTERS/EDGAR SU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kemunculan varian Covid-19 baru, yaitu Omicron, membuat geger dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memperingatkan varian ini berisiko sangat tinggi dan kemungkinan dapat memicu lonjakan Covid-19 baru.

Kemungkinan ini membuat berbagai negara berlomba-lomba membentengi wilayah mereka dari penyebaran Omicron. Pembatasan perjalanan bahkan penguncian (lockdown) seringkali menjadi cara pemerintah dunia mengatasi pandemi ini.

Berikut jurus berbagai negara dunia mengatasi penyebaran varian Omicron:


1. Amerika Serikat

AS memutuskan memperketat perbatasan udara mereka untuk mencegah penyebaran varian Omicron. AS akan mewajibkan pelancong yang ingin memasuki negara itu lewat jalur udara untuk menunjukkan hasil negatif Covid-19 yang sampelnya diambil sehari sebelum keberangkatan, dikutip dari Reuters.

Saat ini, masyarakat internasional yang telah divaksinasi dapat menunjukkan hasil negatif Covid-19 yang sampelnya diambil tiga hari sebelum keberangkatan. Persyaratan ini juga akan berlaku untuk warga AS.

Pemerintah AS juga mempertimbangkan pengujian kembali kepada pelancong dalam jangka waktu 3 sampai 5 hari setelah kedatangan.

2. Hong Kong

Hong Kong akan melarang warga asing yang sempat berkunjung ke beberapa negara dengan kasus Omicron, yakni Jepang, Swedia, dan Portugal, masuk ke negara itu. Larangan ini akan berlaku pada Jumat (3/12).

Warga asing yang sempat berada di tiga negara tadi dalam 21 hari terakhir juga tak boleh memasuki pusat keuangan global, sebagaimana dilansir Reuters.

Warga asing yang ingin mengunjungi Hong Kong hanya dapat naik pesawat jika telah divaksinasi penuh dan harus menjalani karantina selama 21 hari di hotel dengan biaya sendiri.

3. Malaysia

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, negaranya akan melarang kunjungan warga asing yang berasal dari negara-negara yang telah melaporkan kasus varian Omicron, atau dianggap berisiko tinggi.

Selain itu, Jamaluddin menerangkan, Malaysia akan menunda rencana Jalur Perjalanan yang Divaksinasi (VTL) di beberapa negara yang mendeteksi kasus Omicron, dikutip dari Reuters.

Malaysia juga menunda transisi mereka ke fase endemi akibat kemunculan varian Omicron ini.

"Saat ini, Rapat Kuartet memutuskan untuk menunda upaya transisi ke tahap endemi sampai kami tahu lebih banyak mengenai varian Omicron," tutur Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein.

4. Singapura

Singapura melarang suspek varian Omicron dirawat di rumah jika terdeteksi di sana. Suspek harus diisolasi di Pusat Nasional Singapura untuk Penyakit Menular (NCID) sampai dokter yakin mereka tak lagi menularkan virus.

Selain itu, Singapura akan melakukan pengujian berulang dan pelacakan kontak erat suspek tadi. Masyarakat yang melakukan kontak erat dengan suspek pengidap Omicron harus menjalani karantina selama sepuluh hari di fasilitas khusus.

Singapura juga akan menggunakan teknologi baru untuk tes PCR. Teknologi ini diklaim mampu mendeteksi varian Omicron dengan cara sekuensi genetik.

Lanjut baca di halaman 2...



Cara Kanada hingga Jepang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER