Korea Selatan Laporkan Suspek Varian Omicron

CNN Indonesia
Rabu, 01 Des 2021 20:21 WIB
Korea Selatan melaporkan suspek kasus varian Omicron di negara itu, pada Selasa (30/11). Korsel deteksi suspek Covid-19 varian Omicron. (REUTERS/KIM HONG-JI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan melaporkan empat suspek kasus varian Omicron di negara itu, pada Selasa (30/11). Pemerintah Korsel menyampaikan ada empat suspek kasus varian baru ini, termasuk pasangan yang baru-baru ini bepergian ke Nigeria.

Mengutip kantor berita Chosun, pasangan tadi tiba di Bandara Internasional Incheon pada Rabu (24/11), setelah sebelumnya pergi ke Nigeria. Kedua orang ini kemudian dipastikan positif Covid-19 sehari setelahnya.

Pasangan ini juga telah menerima vaksin dosis lengkap pada 28 Oktober.


Pesawat yang dinaiki pasangan ini membawa 81 penumpang dari Nigeria, sempat melakukan transit di Ethiopia, dan hanya membawa 45 penumpang ke Korsel.

Satu orang lain yang menjadi suspek merupakan teman pasangan ini. Ia sempat mengantar pasangan tadi ke rumah setibanya mereka di bandara. Satu orang suspek lain adalah anak laki-laki si teman, yang mendapatkan hasil positif Covid-19 pada Selasa (30/11).

Tak hanya itu, Korsel juga melaporkan rekor penambahan angka kasus harian Covid-19 di negara itu. Korsel mencatat kenaikan angka kasus harian Covid-19 sebanyak 5.123 kasus dalam 24 jam hingga Rabu (1/12).

Kenaikan kasus Covid-19 di Korsel juga membuat ketersediaan ranjang rumah sakit di negara itu hampir penuh.

Secara keseluruhan, saat ini rumah sakit di Korsel merawat 723 pasien Covid-19 bergejala berat.

Salah satu pejabat kesehatan Korsel, Son Young-rae, menyampaikan bahwa ranjang ICU di Seoul terisi hingga 89,2 persen. Otoritas setempat pun berencana memasok lebih banyak ranjang untuk ICU.

Selain itu, pemerintah Korsel juga membatalkan pelonggaran perbatasan akibat kemunculan kasus Omicron dan lonjakan kasus ini.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER