Jokowi Bahas Perubahan Iklim, Sentil Negara Maju di G20

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 21:00 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bicara soal penanganan perubahan iklim dan menyentil negara-negara maju di G20 terkait komitmen mereka. Jokowi sentil komitmen negara-negara maju di G20 terkait perubahan iklim. (Dok. Biro Sekretariat Presiden/Muchlis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bicara soal penanganan perubahan iklim dan menyentil negara-negara maju di G20 terkait komitmen mereka.

"Menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin. Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan semangat solidaritas," ujar Jokowi.

Ia berjanji akan mengajak negara-negara G20 untuk mengatasi perubahan iklim. Dia berkata akan terus mendorong negara-negara maju melakukan aksi nyata saat Indonesia menjalankan presidensi G20.


Jokowi berkata tak ingin keketuaan Indonesia di G20 sekadar seremoni. Dia ingin menggalang kekuatan negara-negara G20 untuk memberi dampak positif bagi dunia.

"Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan," kata Jokowi dalam Upacara Pembukaan Presidensi Indonesia G20 2022, Rabu (1/12).

Jokowi menyampaikan transisi menuju energi berkelanjutan jadi salah satu fokus Indonesia. Ia ingin negara-negara di G20 melakukan terobosan-terobosan untuk masyarakat dunia.

Mantan Wali Kota Solo itu juga berjanji untuk mendorong pemulihan global pascapandemi. Ia mengajak seluruh negara bahu-membahu untuk pulih bersama.

"Untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat, recover together, recover stronger," ucapnya.

Indonesia akan menjalankan presidensi G20 selama setahun ke depan. Indonesia menjadi tuan rumah atas ratusan pertemuan negara-negara G20. Bali ditunjuk sebagai pusat kegiatan G20 selama setahun ke depan.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER