5 Negara dengan Kapal Selam Terbaik di Dunia, AS hingga China

rds | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 11:20 WIB
Amerika Serikat hingga Prancis memiliki deretan kapal selam dengan teknologi canggih dan paling mematikan. Berikut detailnya. kapal selam AS connecticut (ssn-22). (Foto: Tangkapan layar web navy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal selam menjadi salah satu alat utama sistem pertahanan (alutsista) negara, terutama bagi negara yang memiliki armada angkatan laut.

Berbagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia pun memiliki sejumlah armada kapal selam canggih.

Kapal-kapal selam itu dibangun dengan sistem sonar dan sensor terkini hingga dilengkapi dengan sistem persenjataan canggih seperti rudal hingga nuklir.


Berikut lima negara dengan kapal selam paling canggih di dunia.

1. Amerika Serikat

Sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia, AS juga memiliki berbagai alutsista canggih, termasuk kapal selam, dengan teknologi paling mutakhir.

Dari berbagai jenis kapal selam canggih yang dimiliki AS, kapal selam kelas Seawolf menjadi kapal selam paling canggih dan termahal di dunia saat ini.

Kapal selam berkemampuan nuklir itu menjadi kapal selam paling susah dilacak karena dapat melaju di bawah laut dengan tetap tenang meski dalam kecepatan tinggi dan pada tingkat kedalaman sedang bahkan dalam.

Dikutip Forbes, hal tersebut menjadikan Seawolf sulit dideteksi sistem sonar pasif.

Kapal selam ini dapat mengangkut 50 torpedo bersamaan, termasuk delapan tabung torpedo 660 mm. Tabung ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Mk.48 dan rudal anti kapal Sub-Harpoon.

Tabung torpedo juga dapat digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah serangan darat Tomahawk dengan jangkauan 1.700 kilometer.

2. China

Amerika Serikat boleh jadi negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Namun, China menjadi negara dengan armada angkatan laut terbesar di dunia, menurut Global Fire Power.

Total aset angkatan laut China mencapai 777 unit, termasuk 79 kapal selam. Di antara puluhan kapal selam itu, China setidaknya memiliki lima kapal selam dengan kapabilitas melancarkan serangan nuklir, menurut Forbes.

Salah satu kapal selam tercanggih dan mematikan China adalah Type-093A Shang-II Class.

Kapal selam seberat 7.000 ton itu bertenaga nuklir. Kapal tersebut diperkirakan mampu mengangkut 22 senjata seukuran torpedo. Meski lebih kecil dari kapal selam pada umumya, kapal selam ini mampu mengangkut lebih banyak roket anti-rudal.

Melansir Naval News, Type-093A mampu mengangkut rudal jelajah supersonik YJ-18.

Kapal Type-093A saat ini menjadi kapal selam China paling mematikan dan telah memicu rasa was-was bagi para musuhnya.

Kecanggihan kapal selam Prancis hingga Rusia dapat dibaca di halaman berikutnya >>>



5 Negara dengan Kapal Selam Terbaik di Dunia, AS hingga China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER