Kekayaan Keluarga Rockefeller Capai Rp120 Triliun

CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 11:12 WIB
Pada 2020, keluarga Rockefeller memiliki kekayaan bersih mencapai US$8,4 miliar atau setara Rp120 triliun. Rockefeller Center di New York City. (AFP/DANIEL SLIM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keluarga Rockefeller menjadi salah satu keluarga terkaya di dunia. Pada 2020, keluarga ini memiliki kekayaan bersih mencapai US$8,4 miliar atau setara Rp120 triliun.

Kekayaan keluarga ini didapatkan salah satunya dengan memonopoli perdagangan minyak di Amerika Serikat. Standard Oil, perusahaan yang dibuat oleh Rockefeller sempat menguasai 90 hingga 95 persen kilang minyak di negara itu.

Kekayaan Rockefeller dimulai dengan 'raja' minyak John D. Rockefeller, miliarder pertama Amerika, yang mendirikan Standard Oil pada 1870, dikutip Britannica.


Mengutip Forbes, Rockefeller dan anaknya John Jr mendedikasikan diri untuk filantropi. Mereka memberi lebih dari US$1 miliar (Rp14 triliun) dan membangun Universitas Chicago.

Di 2016, Dana Keluarga Rockefeller, sebuah entitas filantropi keluarga, menggemparkan dunia ketika mereka mengumumkan akan melepaskan semua investasi bahan bakar fosil.

Sementara itu, penulis Malcolm Gladwell dalam buku yang berjudul Outliers mengestimasikan kekayaan Rockefeller mencapai US$318.3 miliar di zaman keemasan mereka, atau setara dengan Rp4.562 triliun, dikutip dari Fox Business.

Mengutip CNBC, Rockefeller kini memiliki 170 ahli waris.

Keluarga Rockefeller sendiri membangun banyak real estate. Salah satu real estate yang dibangun keluarga ini ialah Rockefeller Center. Kompleks ini dibuat oleh John D Rockefeller Jr. pada 1930-an.

Ada beberapa fasilitas yang terdapat di Rockefeller Center, yakni tempat makan, belanja, seni bersejarah, dan atraksi. Bahkan, real estate itu juga memiliki arena ice skating.

Walaupun demikian, David Rockefeller menjual sisa saham di komplek itu ke Tishman Speyer Properties pada 2001 seharga $1,85 miliar (Rp26 triliun).

Lanjut baca di halaman berikutnya...



Ikut Membangun World Trade Center

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER