Jet Tempur F-5 Korsel Tabrak Gunung saat Latihan, Pilot Tewas

CNN Indonesia
Selasa, 11 Jan 2022 20:33 WIB
Jet tempur F-5 Korea Selatan yang tengah menggelar latihan angkatan udara menabrak gunung di kawasan Hwaseong dan menewaskan sang pilot. Ilustrasi. Jet tempur F-5 Korsel menabrak gunung di kawasan Hwaseong saat latihan dan menewaskan sang pilot. (Foto: AFP/JOEL SAGET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pilot Angkatan Udara Korea Selatan tewas setelah jet tempur F-5 yang dikendarainya menabrak sebuah gunung saat latihan pada Selasa (11/1).

Jet F-5 tersebut menabrak sebuah gunung di Hwaseong, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota Korsel, Seoul.

Kementerian Pertahanan Korsel menuturkan, pilot yang menjadi korban gagal melakukan evakuasi dan terbunuh dalam kecelakaan.


Dikutip AFP, pihak Angkatan Udara Korsel juga tengah menginvestigasi penyebab kecelakaan ini. Pernyataan ini disampaikan pejabat sepekan setelah negara itu melarang penggunaan pesawat F-35.

F-5E merupakan jenis jet tempur generasi lama dengan desain yang berasal dari era 1960-an.

Pekan lalu, Korsel melarang penerbangan jet tempur F-35 mereka setelah salah satu jet terpaksa melakukan pendaratan darurat akibat kerusakan sistem utama.

Meski roda pendarat jet tak berfungsi, pilot yang mengendalikan jet itu memutuskan mendaratkan pesawat dengan bagian perut jet.

"Pendaratan gear-up di F-35 mungkin cukup sulit dan berbahaya karena angle of attack pesawat mendekati touchdown," kata David Cenciotti, mantan perwira angkatan udara Italia dan editor blog The Aviationist.

"Saya sangat terkejut sistem penurun gigi darurat tidak berfungsi, atau tidak digunakan," ujarnya lagi.

Meski demikian, Layton memuji tindakan pilot Korsel ini dan menilai 'mereka melakukan hal yang benar'.

Sementara itu, investigasi terkait kasus ini masih terus dilakukan.

Menurut data Global Fire Power, Korsel merupakan negara keenam yang memiliki armada militer terkuat. Korsel memiliki total 1.538 pesawat militer, dengan 402 di antaranya adalah pesawat tempur.

(pwn/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER