Bangkai Jet Tempur Tercanggih Taiwan yang Jatuh di Laut Ditemukan

CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 16:44 WIB
Tim penyelamat Taiwan pada Rabu (12/1) menemukan bangkai jet tempur tercanggih F-16V yang jatuh di laut. Bangkai jet tempur Taiwan, F-16V, berhasil ditemukan. (REUTERS/TAIWAN MILITARY NEWS AGENCY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim penyelamat Taiwan pada Rabu (12/1) berhasil menemukan bangkai jet tempur tercanggih negara itu, F-16V, yang jatuh di laut. Kecelakaan ini terjadi dua bulan setelah Taipei meluncurkan skuadron pertama jet terbaru tersebut.

Pusat Penyelamatan Nasional Taiwan menyampaikan, bangkai jet ini telah ditemukan. Namun, tidak ada tanda-tanda pilot ditemukan.

Mengutip AFP, jet tempur itu sempat menghilang dari radar sekitar setengah jam sebelum lepas landas kala melakukan latihan rutin. Jet ini berangkat dari pangkalan militer yang ada di wilayah barat daya Taiwan, Selasa (11/1).


Angkatan Udara Taiwan menuturkan jet ini jatuh ke laut dan pilot yang berada di sana tak terlihat melakukan evakuasi tepat waktu. Mereka juga memutuskan menangguhkan penggunaan jet tempur F-16.

Kecelakaan jet ini merupakan pukulan telak bagi skuadron buatan Amerika Serikat ini, yang ditugaskan pada November lalu. Taiwan tengah meningkatkan kemampuan armada udara mereka di tengah ancaman China.

Ini bukanlah pertama kali kecelakaan jet tempur menimpa Taiwan.

Pada akhir 2020, satu jet F-16 Taiwan sempat menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan dalam misi pelatihan rutin.

Di 2021, dua pesawat tempur F-5E, jatuh ke laut di lepas pantai tenggara setelah mereka tampaknya bertabrakan di udara kala melakukan misi latihan.

Penting diketahui, Beijing mengklaim Taipei sebagai bagian dari wilayah mereka dan bersumpah akan merebutnya kembali.

Sejak Presiden China Xi Jinping berkuasa, Negeri Tirai Bambu kerap menekan Taiwan dari sisi ekonomi, diplomatik, dan militer.

Tahun lalu, Taiwan mencatat ada 969 serangan udara yang dilakukan Angkatan Udara China ke wilayah udara Taipei.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER