Uskup di India Dibebaskan dari Kasus Pemerkosaan Biarawati

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 01:15 WIB
Franco Mulakkal, uskup Katolik Roma di India, dibebaskan dari dakwaan pemerkosaan seorang biarawati pada Jumat (14/1). Franco Mulakkal, uskup Katolik Roma di India, dibebaskan dari dakwaan pemerkosaan seorang biarawati pada Jumat (14/1). Foto: (AFP/-)
Jakarta, CNN Indonesia --

Franco Mulakkal, uskup Katolik Roma di India, dibebaskan dari kasus pemerkosaan seorang biarawati pada Jumat (14/1). Pengadilan di Kerala menyatakan Mulakkal tidak bersalah atas dakwaan itu.

Seperti diberitakan AFP pada Jumat (14/1), Mulakkal didakwa atas pemerkosaan berulang kepada seorang biarawati antara 2014 dan 2016 di Kerala. Hal itu terjadi ketika ia menjadi kepala ordo Missionaries of Jesus.

Biarawati tersebut mengatakan telah berkomunikasi dengan pihak gereja terlebih dahulu beberapa kali mengenai kasus itu.


Namun, ia memutuskan melaporkan kejadian itu pada polisi karena permohonannya diabaikan. Tak hanya itu, Mulakkal membantah semua tuduhan tersebut.

Pada 2018, biarawati tersebut mengajukan pengaduan. Tapi, polisi juga baru mulai penyelidikan beberapa bulan setelah lima biarawati lainnya melakukan protes hampir setiap hari di luar pengadilan tinggi.

Para biarawati juga mengirimkan surat kepada Vatikan supaya ikut campur tangan dalam permasalahan tersebut.

Di Kerala, aksi para biarawati tersebut mendapat kecaman keras dalam gereja karena dianggap menampilkan tindakan pemberontakan. Hal itu juga membuat mereka menjadi sasaran gelombang ancaman serta tuduhan.

Kerala selama ini dianggap sebagai tempat kelahiran Kristen di India. Rasul Thomas diyakini berada di sana pada 52 masehi.

Hingga Mulakkal kemudian ditangkap pada September 2018. Ia menjadi uskup India pertama yang diadili terkait kasus pemerkosaan dan kemudian dibebaskan dari dakwaan.

(AFP/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER