Pencurian Paket di Kereta Barang AS Melonjak Tajam

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 13:10 WIB
Pencurian paket di kereta barang Los Angeles, Amerika Serikat melonjak tajam. Pencuri menjarah paket atau barang-barang yang dibeli online. Pencurian paket di kereta barang Los Angeles, Amerika Serikat melonjak tajam. Pencuri menjarah paket atau barang-barang yang dibeli online.(Foto: AP/Ringo H.W. Chiu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pencurian paket di kereta barang di Los Angeles, Amerika Serikat melonjak tajam. Para pencuri paket menjarah kiriman paket atau barang-barang yang sudah dibeli secara online.

Mereka masuk ke gerbong kereta api dengan memanfaatkan perhentian kereta. Pencuri melancarkan operasinya dengan menunggu kereta barang di rel. Mereka kemudian naik ke peti kemas dan membobolnya dengan tang.

Mereka lalu mengambil paket yang berharga dan membuang produk yang sulit dipindahkan, dijual kembali, atau terlalu murah.


Banyak perusahaan pesan antar dan kurir seperti Amazon, Target, UPS, dan Fedex terdampak karena pencurian ini,

Operator kereta api Union Pacific (UP) melaporkan adanya peningkatan pencurian hingga 160 persen di daerah Los Angeles sejak Desember 2020.

"Pada Oktober 2021 saja, peningkatannya 356 persen dibandingkan Oktober 2020," kata UP dalam suratnya kepada pemerintah setempat, dikutip AFP, Sabtu (15/1).

Fenomena tersebut melonjak belakangan ini dan mencapai puncaknya saat orang ramai-ramai belanja online jelang Natal.

Menurut laporan UP, rata-rata lebih dari 90 kontainer dirusak setiap hari di Los Angeles County di kuartal terakhir 2021.

Pada Desember 2021, UP memperkirakan kerusakan insiden pencurian mencapai sekitar US$5 juta atau sekitar Rp71 miliar.

Jumlah itu belum termasuk kerugian pelanggan yang terkena dampak pencurian atau dampak pada operasi Union Pacific dan seluruh rantai pasokan Los Angeles.

Demi memerangi penjarahan tersebut, UP mengatakan telah memperkuat langkah-langkah pengawasan dengan menggunakan drone dan sistem deteksi lain. Mereka juga merekrut lebih banyak staf keamanan untuk mengawasi jalur dan jalannya kereta.

Polisi dan agen keamanan telah menangkap lebih dari 100 orang dalam tiga bulan terakhir tahun 2021 karena melanggar dan merusak kereta Union Pacific.

Menurut juru bicara operator kereta api, penjahat yang ditangkap diduga melakukan pelanggaran ringan atau pelanggaran kecil. Mereka umumnya dibebaskan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah membayar denda.

UP menulis surat ke kantor pengacara Los Angeles County meminta mempertimbangkan kembali kebijakan keringanan hukuman yang diperkenalkan untuk pelanggaran semacam itu.

(isa/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER