Kabar 1 Warga Indonesia di Tonga Belum Diketahui Usai Tsunami

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 22:26 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Tonga mengatakan ada satu WNI tinggal di negara kepulauan yang kabarnya belum diketahui usai tsunami. Ilustrasi tsunami. (WikiImages/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru mencakup Kerajaan Tonga, Samoa, Kepulauan Cook, dan Nieu, Fientje Suebu, menuturkan ada satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal menetap di Tonga dan belum diketahui kabarnya usai tsunami menghantam negara kepulauan tersebut pada Sabtu (15/1).

"Dari catatan KBRI, WNI yang menetap: di Samoa 3 orang, di Tonga 1 orang," ujar Fientje kepada CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis, Sabtu (15/1).

"WNI yang tidak menetap permanen jumlahnya tidak tetap, kebanyakan ABK kapal ikan dan mereka berpindah-pindah," sambungnya.


Fientje menjelaskan komunikasi dengan WNI di Tonga belum bisa tersambung pascatsunami yang dipicu gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai.

"Kondisi di Tonga saat ini, komunikasi masih belum tersambung. KBRI Wellington terus memantau dan terus berupaya melakukan komunikasi dengan WNI di Tonga," terang dia.

Gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga mengalami erupsi yang getarannya terasa hingga Samoa dan Fiji. Tak lama setelah itu, tsunami pun terjadi.

Badan Meteorologi Tonga menyampaikan keadaan darurat diberlakukan untuk seluruh pulau di Tonga. Sejumlah rumah, gereja dan pelbagai properti lainnya di negara tersebut dilaporkan hancur.

Island Business melaporkan bahwa Raja Tonga Tupou VI telah dievakuasi dari Istana Kerajaan setelah tsunami membanjiri ibu kota Nuku'alofa, Sabtu (15/1).

Konvoi polisi dan tentara tampak membawa Raja ke sebuah vila di Mata Ki Eua di saat penduduk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi dalam keadaan gelap.

(ryn/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER