KILAS INTERNASIONAL

Tsunami Hantam Tonga hingga Aturan Arab Saudi semakin Sekuler

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 06:42 WIB
Sejumlah peristiwa meramaikan berita internasional selama akhir pekan mulai dari tsunami terjang Tonga sampai aturan Saudi yang sekuler. Orang-orang di pesisir sejumlah negara seperti Jepang, Peru, hingga Chile mengungsi ke tempat tinggi khawatir dampak tsunami Tonga. (Foto: REUTERS/RODRIGO GARRIDO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa meramaikan berita internasional selama akhir pekan mulai dari gunung meletus picu tsunami terjang Tonga sampai Filipina beli puluhan helikopter black hawk baru.

Kebijakan Arab Saudi yang lebih sekuler juga meramaikan berita internsional selama Sabtu dan Minggu kemarin.

Berikut kilas berita internasional selama akhir pekan.


Filipina Beli 32 Helikopter Baru Black Hawk

Filipina membeli 32 helikopter S-70i Black Hawk dari PZL Mielec, anak perusahaan berbasis di Polandia, Sikorsky Aircraft. Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan pembelian ini menghabiskan dana 32 miliar peso (US$624 juta).

Lorenzana melalui akun media sosialnya menyampaikan bahwa pemberitahuan atas pembelian itu sudah dikeluarkan pada 28 Desember. Dana yang dikucurkan bukan cuma untuk helikopter, tetapi juga dukungan logistik, paket pelatihan untuk pilot dan kru pemeliharaan.

Kontak pembelian saat ini dikatakan sedang disusun. Pengiriman lima dari 32 unit Black Hawk disebut bakal terjadi pada 2023. Sementara sisanya akan dikirim dalam tiga tahap, 10 unit pada 2024, 10 unit pada 2025, dan tujuh unit pada 2026.

Kereta Kargo Korut-China Kembali Beroperasi

Kereta kargo Korea Utara-China kembali beroperasi setelah ditangguhkan selama setahun lebih akibat Covid-19. Kereta tersebut melintasi jembatan kereta api Sungai China ke China pada Minggu (16/1).

Diberitakan Yonhap, kereta tersebut berangkat dari Sinuji, Korea Utara dan tiba di kota perbatasan Dandong, China, sekitar pukul 09.10 waktu setempat. Namun kereta tersebut belum dikonfirmasi membawa muatan kargo atau tidak.

Ini menjadi pertama kalinya Korea Utara secara resmi membuka perbatasan dengan China dalam 1,5 tahun terakhir. Sebelumnya, Korea Utara menutup semua program tur untuk warga asing dan memberhentikan pengoperasian kereta penumpang sejak pandemi Covid-19.


8 Kebijakan Sekuler di Arab Saudi

Arab Saudi yang dulu disebut konservatif kini terlihat mulai tersekularasi. Sejumlah kebijakan sekuler diterapkan mulai dari diizinkannya gelaran tari samba hingga pencabutan peran polisi syariat.

Sejak Putra Mahkota Mohammed bin Salman memimpin Arab Saudi, muncul sejumlah gebrakan baru yang mengarah ke modernisasi hingga sekularisasi.

Beberapa aturan Saudi yang membuat negara Islam itu terlihat lebih sekuler antara lain pencabutan peran utama polisi syariat Islam hingga perayaan Natal yang semakin terbuka


Tonga Belum Terjangkau Sinyal Ponsel dan Internet Usai Tsunami

Sebagian besar wilayah Tonga, negara kepulauan berpenduduk sekitar 105 ribu jiwa, masih belum terjangkau ponsel dan internet pada Minggu (16/1) usai dihantam tsunami yang diakibatkan letusan gunung api di bawah laut.

Gunung api itu meletus pada Sabtu lalu menimbulkan tsunami 1,2 meter di Tonga yang memicu perintah evakuasi warga di pesisir dan juga berbagai pulau di selatan Samudra Pasifik.

Efek bencana ini mengakibatkan listrik serta jaringan telepon dan internet terputus sekitar pukul 06.40 waktu setempat pada Sabtu. Ini membuat sebagian besar warga tidak terjangkau dalam kepanikan.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, menjelaskan, sejauh ini belum ada pernyataan resmi jumlah kematian di Tonga. Selandia baru adalah salah satu negara tetangga terdekat Tonga.

(tim/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER