Ratusan Ribu Warga India 'Mandi Suci' di Sungai Gangga saat Covid Naik

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 14:04 WIB
Ratusan ribu umat Hindu melakukan ritual mandi suci di Sungai Gangga. Para umat menjalani ritual 'menghapus dosa' itu ketika kasus Covid-19 di India sedang melonjak. Ratusan ribu umat Hindu melakukan ritual mandi suci di Sungai Gangga. Para umat menjalani ritual 'menghapus dosa' itu ketika kasus Covid-19 di India sedang melonjak. (AFP/Sanjay Kanojia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratusan ribu umat Hindu berkumpul di tepi Sungai Gangga, India, pada Jumat (14/1) untuk melakukan ritual mandi suci. Para umat menjalani ritual "menghapus dosa" itu ketika kasus Covid-19 di India sedang melonjak.

Sejumlah besar umat terlihat berendam di sungai yang berada di negara bagian Bengal Barat, padahal wilayah tersebut melaporkan kasus positif Covid-19 paling banyak kedua setelah Maharashtra.

Di negara bagian Uttar Pradesh, ribuan umat memadati tepi sungai di Kota Prayagraj. Hanya sedikit dari mereka yang menggunakan masker.


"Saya tidak bisa bernapas dengan masker," kata Ram Phal Tripathi kepada Reuters setelah menyelam di sungai.

Tripathi datang bersama keluarganya dari desa di Uttar Pradesh.

"Setiap tahun saya datang untuk melakukan mandi suci. Bagaimana saya bisa melewatkannya tahun ini?" ucapnya.

Ritual Makarsankranti ini tetap digelar meski India saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang kebanyakan terjadi karena penyebaran varian Omicron.

Pada Jumat (14/1), Kementerian Kesehatan India melaporkan penambahan 264.202 kasus Covid-19 dalam 24 jam. Angka kematian di hari itu juga bertambah sebanyak 315 kasus.

Meski demikian, angka rawat inap akibat varian Omicron cukup rendah. Banyak orang juga melakukan perawatan di rumah.

Sebelumnya, beberapa dokter sempat berusaha membatalkan perizinan penyelenggaraan festival ini ke pengadilan tinggi negara bagian Bengal Barat.

Para dokter khawatir festival tersebut dapat menjadi wadah penyebaran virus corona terbesar. Namun, upaya mereka tak berhasil.

Tahun lalu, perkumpulan agama besar di India juga menjadi penyumbang terbesar kenaikan kasus virus corona hingga menyebabkan gelombang baru pandemi di negara itu.

(pwn/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER