Jokowi Akan Bertemu PM Singapura di Bintan Besok

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 21:05 WIB
Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Bintan, Kepulauan Riau, besok, Selasa (25/1). Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Bintan, Kepulauan Riau, besok, Selasa (25/1). (Antara Foto/Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Bintan, Kepulauan Riau, besok, Selasa (25/1).

"Esok hari, Selasa, 25 Januari 2022, Presiden Joko Widodo diagendakan untuk melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, di Kabupaten Bintan," demikian kutipan siaran pers dari Sekretariat Presiden.

Selain melakukan pertemuan tatap muka, Jokowi dan Lee juga akan memimpin pertemuan bilateral antara delegasi kedua negara, serta menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman (MoU).


Sekretariat Presiden tak menjabarkan lebih lanjut MoU yang bakal diteken dalam pertemuan antara Jokowi dan Lee tersebut.

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengonfirmasi bahwa Jokowi akan mengumumkan pengambilalihan ruang kendali udara (FIR) FIR di Pulau Bintan dan Natuna yang sebelumnya dikendalikan Singapura.

"Hal ini akan disampaikan Bapak Presiden (Joko Widodo) besok seusai pertemuan dengan PM Singapura (Lee Hsien Loong)," kata Faizasyah kepada CNNIndonesia.com.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, juga mengonfirmasi pengambilalihan FIR ini, tapi ia belum bisa membeberkan detailnya.

"Ya (benar). Pelayanan oleh kita yang selama ini oleh Singapura, tapi detailnya nanti ya," tutur Novie menjawab pertanyaan CNNIndonesia.com soal kabar Indonesia ambil alih FIR.

Dengan pengambilalihan FIR ini, Indonesia akan memegang kendali terkait layanan informasi penerbangan di udara Natuna.

Indonesia sudah mengupayakan negosiasi FIR ini dengan Singapura sejak 1990-an, tapi baru bisa terwujud saat ini.

(dhf/has/asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER