Presiden Israel Akan ke Turki, Erdogan Siap Pulihkan Hubungan

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 16:11 WIB
Presiden Israel, Isaac Herzog, berencana mengunjungi Turki pada Februari. Rencana itu disampaikan langsung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan siap memulihkan hubungan dengan Israel. (AFP PHOTO / POOL / EMRAH YORULMAZ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Israel, Isaac Herzog, berencana mengunjungi Turki pada Februari. Rencana itu disampaikan langsung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Agenda kunjungan itu disebut-sebut bakal memulihkan hubungan diplomatik antara Turki dan Israel yang renggang sejak 2010.

"Kunjungan ini akan membuka babak baru dalam hubungan antara Turki dan Israel," ujar Erdogan kepada NTV dikutip dari AFP.


Erdogan melanjutkan, Turki siap bekerja sama di segala bidang, termasuk perdagangan gas alam.

Hubungan antar Turki dan Israel rusak setelah insiden kapal MV Mavi Marmara diserang militer Israel pada 31 Mei 2010. Serangan terhadap kapal bantuan Turki untuk Jalur Gaza itu menewaskan 10 orang.

Kini Erdogan berniat memulihkan hubungan negaranya dengan Israel. Erdogan yang dikenal pendukung kemerdekaan Palestina menjalin komunikasi intens dengan Herzog dalam beberapa bulan terakhir.

Jalur distribusi gas alam jadi kerja sama yang pernah ditekankan Erdogan. Ia pernah menyatakan siap menjadikan Turki sebagai penghubung distribusi gas alam dari Israel ke negara-negara Eropa.

Pernyataan itu muncul setelah AS memilih negara saingan Turki dan Israel, Yunani, dalam proyek pembangunan jalur pipa distribusi gas alam. Sebelumnya, Turki menentang keputusan AS pada era Presiden Donald Trump tersebut.



(bac/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER