Jembatan Pittsburgh Roboh Beberapa Jam Sebelum Biden Datang

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 29 Jan 2022 10:30 WIB
Jembatan di Pittsburgh, Amerika Serikat, roboh pada Jumat (28/1) pagi, hanya beberapa jam sebelum Joe Biden mendatangi kota tersebut. Jembatan di Pittsburgh, Amerika Serikat, roboh pada Jumat (28/1) pagi, hanya beberapa jam sebelum Joe Biden mendatangi kota tersebut. (REUTERS/DRONE BASE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak sepuluh orang terluka saat jembatan di Pittsburgh, Amerika Serikat, roboh pada Jumat (28/1) pagi. Insiden ini terjadi beberapa jam sebelum Presiden AS Joe Biden dijadwalkan berkunjung ke kota itu untuk membicarakan infrastruktur.

Menurut Wali Kota Pittsburgh, Ed Gainey, tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, dikutip dari CNN.

Sementara itu, Kepala Pemadam Kebakaran Darryl Jones mengkategorikan insiden sebagai insiden ringan. Ia juga menuturkan tak ada kasus cedera yang mengancam jiwa.


Jones menuturkan, ada empat kendaraan yang ada di atas jembatan itu saat roboh. Saat ini beberapa tim juga masih melakukan pengawasan untuk memastikan tak ada orang yang tertimpa jembatan.

Otoritas setempat juga masih menyelidiki penyebab jembatan rusak.

Sementara itu, Biden mengunjungi lokasi kejadian pada Jumat (28/1) siang. Sebelum kedatangannya, Biden sempat menelpon Gubernur Pennsylvania Tom Wolf dan Wali Kota Gainey.

Kabar ini disampaikan oleh wakil sekretaris pers utama Gedung Putih, Karine Jean-Pierre.

"Saya sudah lama datang ke Pittsburgh, dan sebagai mantan warga Pennsylvania, saya tidak menyadari ternyata Pittsburgh memiliki lebih banyak jembatan dibandingkan kota lain di dunia," kata Biden.

"Kami akan memperbaiki semuanya," lanjutnya.

Selain itu, Biden menuturkan ada 43 ribu jembatan di AS yang berada dalam kondisi buruk.

"Dan kami mengirimkan uang (untuk memperbaiki jembatan)," katanya lagi.

Menurut keterangan juru bicara kabupaten Allegheny, Amie Downs, pihak kepolisian baru mengetahui runtuhnya jembatan lewat dari jam 6 pagi waktu setempat, Jumat (28/1).

Meski demikian, robohnya jembatan tersebut menyebabkan jalur gas alam di sana terputus. Ada beberapa laporan terkait orang yang sakit karena kerusakan jalur gas alam ini, ujar Downs.

Juru bicara perusahaan gas, Peoples Gas, Barry Kukovich, mengonfirmasi kerusakan jalur gas tersebut. Namun, sejauh ini tidak ada bukti jika ada ledakan gas sebelum jembatan ini runtuh, ujar Kukovich.

(pwn/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER