Mahasiswa Universitas Kyiv Minta RI Bantu Ukraina

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Minggu, 06 Mar 2022 10:28 WIB
Sejumlah mahasiswa Universitas Kyiv meminta dukungan Indonesia untuk membela Ukraina dari serangan Rusia dengan bahasa Indonesia. Sejumlah mahasiswa Universitas Kyiv meminta dukungan Indonesia untuk membela Ukraina dari serangan Rusia dengan bahasa Indonesia. Ilustrasi. (REUTERS/MAKSIM LEVIN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah mahasiswa Universitas Kyiv meminta dukungan Indonesia untuk membela Ukraina. Permintaan ini disampaikan lewat beberapa pesan video yang diunggah dalam akun Facebook @Gamianin Vasyl, Minggu (6/3).

Beberapa mahasiswa menerangkan situasi yang ada di Ukraina saat ini, sembari melontarkan pesan 'Ukraina Merdeka' sebagai penutup cerita mereka.

"Warga Ukraina sekarang berperang demi kemerdekaannya, sama seperti Indonesia dulu. Kami memohon dukungan masyarakat Indonesia. Tolong bagikan informasi ini! Ukraina Merdeka," demikian keterangan pesan video tersebut, dikutip dari Facebook @Gamianin Vasyl, Minggu (6/3).

Akun tersebut mengungkapkan Rusia membunuh warga sipil dan anak-anak dalam konflik militer ini.

"Ini adalah hal yang paling mengerikan untuk Kyiv sejak serangan Nazi Jerman tahun 1941. Ukraina Merdeka!," kata salah satu mahasiswa Ukraina dalam video tersebut, menggunakan bahasa Indonesia.

Sejumlah warga juga menyampaikan aksi militer Rusia ke negaranya.

"Bom Rusia terus berjatuhan pada kepala dan bangunan warga negara kami," cerita mahasiswa lain.

"Tank militer Rusia terus mendesak menuju ibu kota Ukraina," tutur salah satu warga yang bekerja di Kedutaan Besar RI untuk Ukraina.

"Saya ingin mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menyebarluaskan informasi ini, agar semua masyarakat Indonesia dapat mengerti dan mengetahui bagaimana situasi di Ukraina sana," kata salah satu alumni Universitas Kyiv yang juga mengisi video tersebut.

CNNIndonesia.com telah meminta izin kepada akun yang bersangkutan untuk mengutip informasi ini.

Permintaan dukungan ke RI juga sempat disampaikan oleh Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Hamianin meminta pemerintah RI untuk membuka suara atas invasi Rusia yang kini menimpa negaranya.

"Katakanlah bahwa yang benar itu benar dan apa yang salah itu salah, seperti yang tertulis dalam firman Allah dalam Al-Qur'an," kata dia dalam cuplikan surat terbuka yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (5/3).

"Saya berharap Pemerintah Indonesia berani mengecam agresi Rusia dan mendukung Ukraina - serta seluruh dunia - dalam melawan invasi, layaknya Yang Mulia mengharapkan negara-negara asing pada tahun 1945-1949 menyuarakan dengan lantang dukungannya terhadap Indonesia," tuturnya lagi.

(pwn/sfr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER