Biden Akan Berpidato soal Rusia di Warsawa, Kota Bersejarah Polandia

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Mar 2022 17:37 WIB
Ibu Kota Polandia, Warsawa pernah jadi bagian Uni Soviet sekaligus nama pernjajian kerja sama militer blok timur, termasuk Moskow di dalamnya. Presiden AS Joe Biden akan berpidato di Warsawa, Polandia soal Rusia. (AP/Olivier Matthys)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan berpidato di Warsawa, Polandia dan menyerukan "Dunia Bebas" sebagai salah satu bentuk penentangan pada invasi Rusia ke Ukraina. Polandia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Di Polandia pula saat ini tentara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di mana AS termasuk di dalamnya, disiagakan sebagai bentuk respon operasi militer Rusia ke Ukraina.

"(Biden) akan menyampaikan pernyataan tentang upaya bersatu dunia bebas untuk mendukung rakyat Ukraina, meminta pertanggungjawaban Rusia atas perang brutalnya, dan mempertahankan masa depan yang berakar pada prinsip-prinsip demokrasi," kata demikian pernyataan resmi Gedung Putih dalam seperti dilansir dari Reuters.

Biden bersumpah untuk memulihkan demokrasi di dalam negeri dan menyatukan demokrasi di luar negeri untuk menghadapi para otokrat termasuk presiden Rusia dan pemimpin China Xi Jinping.

Invasi Putin 24 Februari ke Ukraina, yang disebut Rusia sebagai "operasi khusus", dinilai sebagai bentuk ujian sekaligus pembuktian janji tersebut. Aksi Rusia ke Ukraina juga dinilai sebagai bentuk nyata kembali dimulainya perang dingin setelah era Uni Soviet yang runtuh tiga dekade lalu.

Di Polandia, Biden juga akan bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda di ibu kota Warsawa.

Warsawa sendiri adalah kota bersejarah di mana kota ini sebelum Uni Soviet runtuh 1989, berada di bawah pengaruh Soviet selama empat dekade. Warsawa juga nama perjanjian pertahanan, Pakta Warsawa atau Warsawa Pact untuk menyaingi NATO.

Kini, Polandia adalah anggota NATO dan Uni Eropa, bekas negara komunis terbesar yang masuk ke NATO dan Uni Eropa. Ancaman Rusia membuat Polandia relatif lebih merapat ke Barat dan AS.

Biden dan Duda akan bertemu secara pribadi dan diharapkan membahas bagaimana mempersenjatai Ukraina dengan pesawat tempur, dan jaminan keamanan lainnya.

(pop/sur)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER