Singapura Tetapkan Hari Raya Idulfitri Selasa 3 Mei 2022

CNN Indonesia
Senin, 02 Mei 2022 18:12 WIB
Singapura mengumumkan lebaran atau Hari Raya 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Selasa (3/5) Singapura mengumumkan lebaran atau Hari Raya 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Selasa (3/5) (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ulama di Singapura mengumumkan lebaran atau Hari Raya 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Selasa (3/5). Menurut pernyataan resmi mufti Singapura, bulan sabit belum terlihat pada hari ke-29 Ramadan di negara Asia Tenggara itu.

"Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama Syawal tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Selasa, 3 Mei," jelas pernyataan resmi itu pada Senin (2/5) pagi dikutip Channel News Asia.

Untuk menentukan 1 Syawal, Kantor Mufti bersama para ahli berusaha memantau "secara jelas" bulan sabit. Namun, mereka tak melihat bulan itu. Selain itu, mereka juga melaporkan bahwa ufuk barat mendung disertai awan selama pemantauan hilal.


Senada, Mufti Singapura Nazirudin Mohd Nasir melaporkan hilal tak terlihat saat mereka memantau untuk menentukan Hari Raya Idulfitri.

"Alhamdulillah, kami dari Pejabat Mufti baru selesai Maghrib ini memantau bulan tetapi bulan tak terlihat," kata Nazirudin dalam unggahannya di Instagram pada Minggu (1/5).

Terpisah, dalam sebuah video ia mengatakan Senin akan menjadi hari terakhir Ramadan bagi warga Singapura.

[Gambas:Instagram]

Terlepas dari itu, sejumlah negara mayoritas Muslim seperti Indonesia, Malaysia, Arab Saudi dan negara Teluk lain melaksanakan salat Id pada hari ini, Senin (2/5).

(nsa/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER