Sejarah Konflik Laut China Selatan yang Jadi Rebutan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 14:00 WIB
Laut China Selatan merupakan perairan strategis yang paling diperebutkan oleh China dan sejumlah negara di ASEAN. Berikut sejarah konflik Laut China Selatan. Sejarah konflik Laut China Selatan. (Sam YEH / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Laut China Selatan (LCS) merupakan satu perairan strategis yang paling diperebutkan oleh China dan sejumlah negara di ASEAN. Berikut sejarah konflik Laut China Selatan.

Laut China Selatan dipandang sebagai perairan dengan sumber daya alam dan hasil laut yang melimpah. Nilai komoditas perairan ini disebut bisa mencapai triliunan dolar. Hal tersebutlah yang kerap memicu sengketa panas terhadap LCS oleh negara-negara kawasan.


Laut Cina Selatan terdiri atas gugusan kepulauan yang sebagian besar merupakan pulau-pulau kecil tak berpenghuni.

Setidaknya terdapat enam negara yang memperebutkan Laut China Selatan, yakni China, Filipina, Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Vietnam.

Upaya saling klaim tersebut menjadikan LCS sebagai sengketa kedaulatan yang melibatkan lebih dari dua pihak.

Di Mana Letak Laut China Selatan?

Silang Sengketa Laut China SelatanSejarah konflik Laut China Selatan. (CNN Indonesia/Fajrian)

Laut China Selatan adalah laut tepi bagian dari Samudra Pasifik. Secara geografis, Laut China Selatan berbatasan dengan Brunei Darussalam, China, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Vietnam.

Organisasi Hidrografis Internasional (International Hydrographic Bureau) mendefinisikan Laut China Selatan memanjang dari arah barat daya ke timur laut, berbatasan dengan China dan Taiwan di sebelah utara, Filipina di sebelah barat, Malaysia dan Brunei di barat dan selatan, dan Vietnam di timur.

Merujuk LIPI, garis batas Laut China Selatan menyerupai huruf "U", dimulai dari perairan Mainan, dan berakhir di sebelah timur perairan Taiwan.

Batas tersebut ditandai oleh China dengan demarkasi sembilan garis putus-putus (the nine-dash line), yang disebut juga sebagai lidah sapi atau "cow's tongue".

Sementara luas Laut China Selatan mencakup 3,685 juta kilometer persegi, mengutip Britannica.

Di dalamnya terdapat banyak terumbu karang, pulau karang (atol), ratusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni, serta dua kepulauan besar yakni Kepulauan Spratly dan Kepulauan Paracel yang diklaim oleh sejumlah negara.

Pemicu sengketa dan alasan Laut China Selatan diperebutkan, lanjut sebelah...

Pemicu Sengketa dan Alasan Laut China Selatan Jadi Rebutan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER