Jokowi Sambut Tawaran IPEF dari Joe Biden

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 18:48 WIB
Jokowi menyambut inisiatif AS untuk ASEAN dalam bidang keamanan maritim dan energi hijau, yaitu kerja sama IPEF. Presiden Jokowi saat menghadiri jamuan santap malam Presiden Joe Biden. (Setkab)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut inisiatif Amerika Serikat lewat Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang akan diumumkan Presiden Joe Biden pekan depan.

"Bapak Jokowi menyambut inisiatif Amerika melalui Indo-Pacific Economic Framework atau IPEF dan diharapkan adanya sinergi antara IPEF dengan pelaksana prioritas kerjasama yang ada di dalam ASEAN Oulook on the Indo-Pacific (AOIP)," ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam siaran pers di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (14/5).

Dalam KTT khusus ASEAN-AS di Gedung Putih, Jokowi juga menyampaikan bahwa sudah lebih dari lima dekade ASEAN terus membangun arsitektur keamanan yang inklusif, mengedepankan paradigma kolaborasi serta mendorong habit of dialog dan rules based order.


Semangat ini menurut Jokowi yang juga ingin didorong di Indo-Pasifik melalui ASEAN Oulook on the Indo-Pacific (AOIP).

Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia berencana menggelar Indo-Pacific Infrastructure Forum saat menjadi Ketua ASEAN pada 2023. Ia pun berharap AS berpartisipasi dalam forum tersebut.

Dalam pernyataannya, Jokowi juga berharap kemitraan ASEAN-AS dapat menciptakan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik maupun dunia.

"Bapak Presiden menyampaikan sekali lagi harapan agar kemitraan Amerika Serikat dan ASEAN dapat terus menjadi bagian dari jangkar perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan dan kemakmuran dunia," ujar Retno Marsudi.

Sebelumnya Joe Biden dan Kamala Harris menjamu pemimpin negara ASEAN di Gedung Putih, serta menyatakan komitmen jangka panjang di Asia Tenggara. Biden juga menjanjikan kucuran bantuan US$150 juta untuk ASEAN serta akan mengirimkan duta besar untuk ASEAN -- pertama kalinya posisi itu terisi dalam lima tahun terakhir. 

IPEF sendiri merupakan tawaran inisiatif AS yang akan berfokuskan pada isu keamanan maritim serta energi hijau (ramah lingkungan). 

(feb/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER