Pangeran MbZ, Perwira Militer, Nama Jalan Tol hingga Jadi Presiden UEA

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 19:44 WIB
MbZ memegang sejumlah jabatan, mulai dari Perwira Pasukan Amiri (pasukan keamanan elite UEA) hingga menjadi Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA. Pangeran Mohammed bin Zayed. (AP/Frank Augstein)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Mohamed bin Zayed atau MbZ terpilih sebagai Presiden Uni Emirat Arab (UEA) menggantikan pemimpin sebelumnya sekaligus kakak kandungnya Sheikh Khalifa yang meninggal dunia.

MbZ dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal menjadi penguasa negara kaya minyak yang didirikan oleh ayahnya itu pada tahun 1971.

Sosok MbZ tidak asing di telinga warga Indonesia mengingat namanya dijadikan sebagai pengganti Jalan Tol Jakarta-Cikampek II.


MbZ merupakan putra dari Sheikh Zayed bin Sultan al-Nahyan, presiden pertama UEA yang disebut-sebut sebagai Bapak Bangsa. MBZ mengenyam pendidikan di al-Ain dan Abu Dhabi hingga berusia 18 tahun.

Setelah itu, pria kelahiran 11 Maret 1961 itu bergabung dengan Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, tempat pendidikan militer prestisius di Britania Raya pada 1979.

Ia berlatih menggunakan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) seperti armour, menerbangkan helikopter, terjun payung, dan sejumlah aktivitas militer lainnya.

Setelah lulus, ia pulang ke negaranya untuk bergabung dengan kursus pelatihan perwira di Sharjah. MbZ dipercaya memegang sejumlah jabatan, mulai dari Perwira Pasukan Amiri (pasukan keamanan elite UEA) hingga menjadi Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Saat Timur Tengah sedang terguncang usai agresi Irak ke Kuwait pada 1991, MbZ memborong banyak persenjataan dari Amerika Serikat. Langkah itu diambil untuk berjaga-jaga mereka bernasib sama seperti negara tetangga.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan langkah tersebut karena dianggap dapat menghancurkan stabilitas wilayah. Akan tetapi, Amerika justru melihat MbZ sebagai mitra yang menjanjikan.

Di tangan MbZ, militer UEA berkembang pesat. Banyak pengamat militer memuji peran MbZ dalam menangani urusan regional.

MbZ mempunyai hubungan baik dengan pemerintah Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan menjadikannya sebagai Ketua Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru.

"Ia membangun kota baru namanya Masgar City. Dia memiliki reputasi yang sangat baik di dunia," puji Jokowi.

Sebagai ketua dewan pengarah, MbZ berperan dalam memberi masukan dan nasihat, mempromosikan serta membangun kepercayaan investor global agar mau berinvestasi di Indonesia.

(ryn/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER