Makin Panas, NATO Pamer Kekuatan Militer Dekat Perbatasan Rusia

CNN Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 09:40 WIB
NATO mulai pamer kekuatan dengan menggelar latihan militer besar-besaran di dekat perbatasan Rusia, Estonia pada Senin (16/5). Latihan gabungan NATO di Estonia pada Februari 2022. NATO kini kembali latihan di negara itu. (AFP/ALAIN JOCARD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mulai pamer kekuatan dengan menggelar latihan militer besar-besaran di dekat perbatasan Rusia, Estonia pada Senin (16/5).

Latihan itu disebut Hedgehog 2022, yang merupakan latihan militer terbesar dalam sejarah negara Baltik. Situasinya pun disebut-sebut bakal makin panas mengingat latihan itu dekat dengan wilayah Rusia.


Hedgehog 2022 melibatkan sekitar 15.000 tentara dari 14 negara, termasuk anggota NATO dan mitra mereka di antaranya Finlandia, Swedia, Georgia dan Ukraina.

Latihan tersebut akan mencakup semua cabang angkatan bersenjata dan melibatkan latihan udara, laut, serta darat. Selain itu, akan ada pelatihan perang dunia maya.

Menurut pernyataan resmi NATO, latihan militer juga akan menyertakan kapal pendarat kelas Wasp Angkatan Laut AS 'Kearsarge' dalam latihan.

Latihan itu muncul di tengah invasi Rusia ke Ukraina dan keputusan Swedia-Finlandia yang memperimbangkan untuk bergabung dengan NATO.

Namun, NATO dan wakil komandan Pasukan Pertahanan Estonia, Mayor Jenderal Veiko-Vello Palm, membantah latihan itu berkaitan dengan serangan Rusia ke Ukraina.

Menurut pejabat Barat, latihan itu disebut telah direncanakan jauh sebelum konflik di Ukraina pecah.

Latihan militer di Estonia, hanya salah satu bagian dari kegiatan militer skala besar NATO yang berlangsung di dekat perbatasan Rusia.

Negara Baltik lain, Lithuania, menjadi tuan rumah latihan militer Iron Wolf, yang melibatkan 3.000 tentara NATO dan 1.000 peralatan militer, termasuk tank Leopard 2 Jerman.

Dua latihan terbesar NATO yakni 'Defender Europe' dan 'Swift Response' berlangsung di Polandia dan delapan negara lain. Latihan itu melibatkan 18.000 tentara dari 20 negara.

"Latihan seperti ini menunjukkan bahwa NATO berdiri kuat dan siap untuk melindungi negara kita dan bertahan dari ancaman apa pun," kata juru bicara NATO, Oana Lungescu, dikutip Russia Today News pada Senin (16/5).

Ia lalu menegaskan, "[Latihan ini juga] membantu mengurangi salah perhitungan atau kesalahpahaman soal tekad kita melindungi dan mempertahankan setiap inci wilayah sekutu."

Negara Eropa timur yang akan jadi tuan rumah latihan militer NATO, baca di halaman berikutnya...

[Gambas:Video CNN]



Negara Eropa Timur yang Akan Jadi Tuan Rumah Latihan NATO

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER