Netizen Serbu IG Kedubes Inggris di Jakarta Usai Kibarkan Bendera LGBT

can | CNN Indonesia
Sabtu, 21 Mei 2022 17:30 WIB
Kedubes Inggris di Jakarta mengibarkan bendera pelangi simbol kaum LGBTQ sebagai bentuk dukungan terhadap Komunitas LGBT memperingati International Day Againts Homophobia, Biphobia dan Transphobia (IDAHOT) di Bundaran HI, Jakarta, 17 Mei 2015. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet Indonesia membanjiri kolom komentar unggahan foto Kedutaan Inggris untuk Indonesia di akun resmi Instagram.

Unggahan foto itu memperlihatkan bendera pelangi simbol kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) berkibar di halaman Kedubes Inggris di kawasan Kuningan, Jakarta.

Kedubes Inggris mengunggah pengibaran bendera itu sebagai bentuk peringatan International Day Against Homophobia, Biphobia, and Transphobia (IDAHOBIT) yang jatuh pada 17 Mei lalu.


Bendera simbol LGBT itu diketahui berkibar di wilayah halaman depan kompleks Kedutaan Besar Inggris sejak Senin (17/5).

"Terkadang penting untuk mengambil sikap terhadap apa yang menurut kita benar, bahkan jika ketidaksepakatan di antara teman bisa membuat ini tidak nyaman...Inggris akan memperjuangkan hak-hak LGBT+ dan mendukung pihak yang membela mereka. Kami ingin hidup di dunia yang bebas dari segala jenis diskriminasi," bunyi caption yang ditulis Kedubes Inggris di unggahan tersebut.

Imbas pemasangan bendera pelangi itu, sejumlah netizen ramai mengomentari unggahan Kedubes Inggris tersebut. Kebanyakan dari mereka mengkritik hingga mengecam aksi kedubes Inggris itu.

Pantauan CNNIndonesia.com Sabtu (21/5) siang, lebih dari 1.500 komentar netizen mengomentari postingan itu. Unggahan itu juga disukai lebih dari dua ribu akun.

"Bendera itu seharusnya tidak dikibarkan di tanah kami, mohon hormati itu," kata salah satu akun yang berkomentar dalam unggahan itu.

"Ini Indonesia dimana memiliki nilai agama yang tertuang dalam sila pertama dasar negara Pancasila, ini bukan negara Barat," bunyi komentar akun lainnya.

"Anda pikir, Anda benar, tapi sebenarnya Anda tidak bijak," kritik akun lain.

"Unfollowing, bye," kata salah satu akun.

"Menjadi pengikut akun ini sejak lama tapi Anda malah mengecewakan kami sekarang. Saya tahu ini adalah opini Anda tapi mohon untuk hargai pandangan negara kami. Ini tanah kami, mengibarkan bendera itu di sini keterlaluan!" seru akun lainnya.

Meski begitu, ada sejumlah akun yang turut mendukung unggahan Kedubes Inggris tersebut.

"Pengingat bagi kita semua bahwa Kedubes Inggris di Jakarta sebenarnya bukan lah tanah Indonesia. Secara de jure gedung Kedubes Inggris adalah wilayah kedaulatan dan teritorial Inggris. Sama seperti Kedubes RI di London, itu merupakan wilayah kedaulatan dan teritorial Indonesia di Inggris," bunyi pendapat salah satu akun.

"Jadi terlepas dari perdebatannya di sini, Kedubes Inggris punya hak mengibarkan bendera itu seperti yang mereka kehendak," lanjut pendapat akun tersebut.

[Gambas:Instagram]

Menurut laporan detikcom, per Sabtu (21/5) siang, Kedubes Inggris di Jakarta terlihat sudah menurunkan bendera LGBT tersebut.

Nampak, bendera pelangi itu sudah tidak ada di sisi bendera Inggris Union Jack. Padahal sebelumnya, 17 Mei kemarin, bendera LGBT itu sempat berkibar bersanding dengan bendera Inggris.

Bendera pelangi LGBT sudah berganti dengan bendera Ukraina berwarna Biru Kuning. Bendera Inggris tetap berkibar.

Sebagaimana diketahui, sama seperti negara Barat lainnya, Inggris mengecam invasi Rusia ke Ukraina. Inggris menjadi salah satu negara yang menggelontorkan banyak bantuan logistik hingga senjata untuk negara eks Uni Soviet itu.

Baca selengkapnya di sini.

(can/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER