KJRI: Haji-Umrah WNI Tak Kena Dampak Larangan Warga Saudi ke RI

CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 19:44 WIB
KJRI memastikan aturan Arab Saudi yang melarang warganya bepergian ke RI tak akan berdampak pada haji atau umrah jemaah warga negara Indonesia (WNI). KJRI memastikan aturan Arab Saudi yang melarang warganya bepergian ke RI tak akan berdampak pada haji atau umrah jemaah warga negara Indonesia (WNI). (AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, memastikan aturan Arab Saudi yang melarang warganya bepergian ke RI tak akan berdampak pada haji atau umrah jemaah warga negara Indonesia (WNI).

"Tidak [berdampak ke jemaah haji atau umrah] karena sekali lagi bahwa yang dilarang adalah warga negara Saudi," ujar Eko kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (24/5).

Eko juga menegaskan aturan itu memang hanya untuk warga Saudi. Dengan demikian, WNI yang ingin pulang ke Indonesia tak terkena dampak kebijakan baru tersebut.


"Itu larangan untuk WN Saudi saja. Pemerintah [Arab] Saudi kan tidak mungkin melarang WNI seperti TKI untuk ke Indonesia. Jadi, TKI yang mau pulang, enggak masalah," ucap dia.

Isu ini menjadi perhatian setelah akhir pekan lalu, Arab Saudi melarang warga negaranya bepergian ke Indonesia dan 15 negara lain.

Saudi menyebut larangan itu berkaitan dengan Covid-19. Kementerian Luar Negeri RI lantas mempertanyakan alasan Saudi memasukkan Indonesia ke dalam daftar itu, mengingat kasus Covid-19 di dalam negeri sudai landai.

Kemlu RI juga sudah mendesak Saudi untuk melakukan kajian ulang terhadap aturan ini. RI ingin Saudi segera mencabut larangan tersebut.

Menurut laporan Saudi Gazette, selain Indonesia, negara-negara lain seperti Libanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, India, dan Yaman juga masuk ke dalam daftar larangan ini.

Selain itu, warga Saudi juga dilarang ke Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, Vietnam, Armenia, Belarus, dan Venezuela.

[Gambas:Video CNN]

(isa/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER