Merunut Sejarah, Asal-usul, dan Orang di Balik Hamas

CNN Indonesia
Senin, 30 Mei 2022 14:00 WIB
Sejarah Hamas dimulai pada 1987 saat pemberontakan warga Palestina atau peristiwa Intifada I pecah. Sebelumnya gerakan ini berupa organisasi amal dan sosial. Sejarah Hamas dimulai pada 1987 saat pemberontakan warga Palestina atau peristiwa Intifada I pecah. (REUTERS/MOHAMMED SALEM)
, CNN Indonesia --

Hamas adalah gerakan militer yang juga merupakan satu dari dua partai politik utama di wilayah Palestina. Hamas merupakan akronim bahasa Arab dari Harakat al-Muqawama al-Islamiya (Gerakan Perlawanan Islam). Sejarah Hamas dimulai pada 1987.

Kendati begitu, asal-usul Hamas dapat dilacak sejak berdirinya Ikhwanul Muslimin di Mesir pada 1928.


Gerakan tersebut tak langsung mengarah ke politik. Kegiatan mereka muncul mula-mula untuk mewujudkan nilai-nilai Islam dan menentang paham sekuler.

Saat Israel menduduki wilayah Palestina pada 1967, anggota Ikhwanul Muslimin belum aktif ambil bagian dalam perlawanan dan memilih lebih fokus pada reformasi sosial-keagamaaan serta pemulihan nilai-nilai Islam.

Namun pandangan tersebut berubah pada awal 1980-an dan organisasi Islam ini jadi lebih terlibat dalam politik Palestina.

Ahmed Yassin disebut-sebut sebagai orang di balik perubahan ini. Ia adalah salah satu pemimpin Ikhwanul Muslimin di Gaza. Karisma dan keyakinannya membuat Yassin memiliki kelompok pengikut yang setia.

Melansir The Wall Street Journal, pada 1970-an dan 1980-an ketika pertama kali bertemu kelompok Islamis di Gaza, mereka tampak fokus mempelajari agama bukan menggencarkan konfrontasi dengan Israel.

Tepatnya sekitar 1973, Yassin mendirikan lembaga amal sosial-keagamaan bernama Mujama Al Islamiyah di Gaza sebagai cabang Ikhwanul Muslimin. 

Pemerintah Israel secara resmi mengakui Mujama Al-Islamiya dan mendaftarkan kelompok ini sebagai badan amal.

Otoritas Israel pun turut mendorong pengembangan organisasi lantaran dianggap bisa digunakan untuk mengimbangi Organisasi Pembebasan Palestina sekuler (Palestine Liberation Organization atau PLO) dan kelompok nasionalis Fatah kala itu.

Dukungan tersebut memungkinkan anggota Mujama Al-Islamiya untuk mendirikan universitas Islam, membangun masjid, hingga sekolah. Kelak diketahui, Mujama Al-Islamiya inilah yang kemudian dikenal sebagai cikal bakal atau pendahulu Hamas.

Sejarah Terbentuknya Hamas

Fighters from the Ezzedine al-Qassam Brigades, the armed wing of the Palestinian Hamas movement, march in the streets in the southern Gaza Strip city of Khan Yunis on July 20, 2017. / AFP PHOTO / SAID KHATIBSejarah terbentuknya Hamas yang dimulai pada 1987. (AFP PHOTO / SAID KHATIB)

Ide membentuk Hamas tepatnya lahir pada 10 Desember 1987, sehari setelah insiden sebuah truk tentara Israel menabrak mobil di sebuah pos pemeriksaan Gaza yang menewaskan pekerja harian Palestina.

Kala itu pula, sejumlah anggota Ikhwanul disebut-sebut berkumpul dan bertemu di rumah Yassin untuk memutuskan bahwa mereka perlu segera mengambil sikap.

Dikutip dari buku Arab-Israel Conflict: The Essential Reference Guide, sebuah selebaran yang dikeluarkan pada 14 Desember tahun itu menyerukan perlawanan. Hal ini dianggap menandai intervensi publik pertama Hamas.

Meski begitu, nama Hamas sendiri tak digunakan hingga Januari 1988.

Sejarah Hamas lanjut sebelah...

Sejarah Hamas: Menggalang Pengikut dari Lembaga Amal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER