Kemlu: KBRI Koordinasi dengan Polisi Swiss Cari Anak RK yang Hilang

rds | CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 09:12 WIB
Kemlu RI menuturkan KBRI Bern, Swiss, terus berkoordinasi ketat dengan aparat setempat guna melakukan pencarian anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare. Kemlu RI menuturkan KBRI Bern, Swiss, terus berkoordinasi ketat dengan aparat setempat guna melakukan pencarian anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare. (Foto: CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Luar Negeri RI mengatakan Kedutaan Besar RI di Bern, Swiss, terus berkoordinasi ketat dengan pihak berwenang setempat guna mencari anak sulung Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz, yang hilang saat bernenang di Sungai Aare.

"KBRI Bern telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk proses pencarian. Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, pada Jumat (27/5).


Eril, sapaan Emmiril, diketahui tengah berenang menyusuri Sungai Aare, Bern, pada Kamis (26/5) siang bersama adik dan temannya.

Saat itu kondisi cuaca cerah. Ketika ingin naik ke permukaan, Eril dikabarkan terseret arus sungai yang cukup deras. Eril juga sempat mendapat pertolongan dari kawannya namun tidak berhasil.

Pencarian juga sudah berjalan selama enam jam, tapi Erilbelum juga ditemukan. Tim SAR dan pihak berwenang sempat menghentikan pencarian lantaran hari sudah gelap.

Duta Besar RI di Swiss, Muliaman D Hadad, mengatakan pencarian akan dilanjutkan Jumat pagi.

"Hari ini, (Jumat, 27 Mei) akan dilanjutkan. Di Swiss (saat ini) jam 3 pagi," kata Muliaman kepada CNNIndonesia.com.

Muliaman mengatakan Sungai Aare merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Swiss. Salah satu sungai terpanjang di Swiss itu pun memang terkenal memiliki arus yang cukup deras.

"Arus sungainya cukup deras dan memang banyak orang berenang di sana terutama saat musim panas," papar Muliaman.

Saat kejadian berlangsung, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan dinas bersama delegasi Pemprov Jabar. Gubernur Jawa Barat itu pun langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan kini telah bertemu keluarga di sana.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat," ucap pihak keluarga RK melalui pernyataan.



(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER