WHO Imbau Masyarakat Tak Panik Hadapi Kasus Cacar Monyet

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 23:12 WIB
WHO mengimbau masyarakat tak panik hadapi kasus cacar monyet yang mereka sebut sebagai puncak gunung es. WHO mengimbau masyarakat tak panik hadapi kasus cacar monyet yang mereka sebut sebagai puncak gunung es. Foto: (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat untuk tidak panik menyikapi kasus cacar monyet di dunia. Ia mengatakan sekarang masih dalam tahap awal dan menyadari sesungguhnya kasus akan terus bertambah.

"Kami tahu bahwa akan memilik lebih banyak kasus dalam beberapa hari mendatang, tapi tidak perlu panik," kata Sylvie Briand selaku kepala kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi WHO.

Hal tersebut ia sampaikan kepada perwakilan negara-negara anggota yang menghadiri Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa, seperti dikutip AFP pada Jumat (27/5).


"Itu bukan penyakit yang harus dikhawatirkan masyarakat umum. Itu bukan Covid atau penyakit lain yang menyebar dengan cepat," Briand menegaskan.

Kendati demikian, ia secara bersamaan juga memperingatkan bahwa sekitar 200 kasus cacar monyet yang ditemukan dalam beberapa pekan terakhir, di luar negara-negara virus biasanya beredar, bisa jadi hanyalah permulaan.

"Kami tidak tahu apakah kami hanya melihat ini sebagai puncak gunung es," tutur Sylvie Briand.

Kasus cacar monyet ini pertama kali dilaporkan Inggris pada 7 Mei. Kemudian, hampir 200 kasus telah dilaporkan ke badan kesehatan PBB di kawasan yang jauh dari negara bagian di mana virus itu endemi, yakni Afrika barat dan tengah.

Kasus cacar monyet tiba-tiba terdeteksi di lebih dari 20 negara lain di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Australia, Uni Emirat Arab, dan hampir selusin negara Uni Eropa.

Pada Jumat (27/5), Kementerian kesehatan Spanyol mengatakan telah mengonfirmasi 98 kasus cacar monyet. Sedangkan Inggris saat ini menghitung 90 infeksi yang diverifikasi.

Sementara itu, Portugal telah mendaftarkan 74 kasus yang dikonfirmasi. Otoritas kesehatan mengatakan semua kasus terjadi pada pria, terutama berusia di bawah 40 tahun.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) telah mencatat 219 kasus cacar monyet.

(AFP/chri)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER