Ukraina Sebut Soveredonetsk-Luhansk 80 Persen Dikuasai Rusia

CNN Indonesia
Kamis, 02 Jun 2022 04:59 WIB
Bagian-bagian yang tersisa dari wilayah Luhansk yang masih di bawah kendali Ukraina berada di bawah pengeboman terus-menerus oleh Rusia. Luhansk Ukraina. (via REUTERS/STATE EMERGENCY SERVICES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala administrasi militer regional Luhansk, Serhiy Hayday mengatakan pertempuran masih berlanjut di kota timur Severodonetsk. Hayday menyebut pasukan Rusia sekarang menduduki sekitar 80% kota.

"Di beberapa jalan, para pejuang kami berhasil," kata Hayday.

Dalam perang tersebut, Hayday mengatakan enam tentara Rusia telah ditangkap.

Hayday mengatakan bagian-bagian yang tersisa dari wilayah Luhansk yang masih di bawah kendali Ukraina berada di bawah pengeboman terus-menerus oleh Rusia.

Kendati demikian, kata dia, para sukarelawan setempat telah membawa truk-truk dengan kargo kemanusiaan ke banyak pemukiman dan juga mengevakuasi orang-orang.

Pejabat Ukraina mengatakan kota tetangga Lysychansk tetap berada di bawah kendali Ukraina. Ukraina mengklaim Ini adalah posisi yang menguntungkan secara militer.

"Lokasi kota di atas bukit memberikan banyak peluang. Pertahanan kota kuat."

Hayday mengatakan bahwa pertempuran sengit berlanjut di pemukiman di selatan dan barat Severodonetsk saat pasukan Rusia mencoba mengepung pertahanan Ukraina.

"Meskipun penembakan terus-menerus dilakukan setiap hari, masih mungkin untuk membawa bantuan kemanusiaan baik ke komunitas Hirske maupun ke Lysychansk," kata Hayday.

(ain/ain)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER