Inggris: Rusia Mungkin Kuasai Seluruh Luhansk dalam 2 Pekan

CNN Indonesia
Jumat, 03 Jun 2022 22:11 WIB
Kementerian Pertahanan Inggris memprediksi Rusia bakal menguasai seluruh wilayah Luhansk, Ukraina dalam waktu dua pekan. Seluruh wilayah Luhansk, Ukraina diklaim bisa dikuasai sepenuhnya oleh Rusia. (REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan Inggris memprediksi Rusia bakal menguasai seluruh wilayah Luhansk, Ukraina dalam waktu dua pekan.

"Rusia kini meraih kesuksesan taktis di Donbas. Pasukan Rusia telah membentuk dan menjaga momentum, pun kini tampaknya memegang inisiatif akan perlawanan Ukraina," demikian pernyataan badan tersebut dalam akun Twitter-nya, Jumat (3/6).


"Rusia menguasai lebih dari 90 persen Oblast Luhansk dan kemungkinan akan menguasai seluruhnya dalam dua pekan. Rusia telah mendapatkan kesuksesan taktis ini dengan harga sumber daya yang signifikan, memfokuskan pasukan dan tembakan pada satu bagian," lanjut pernyataan itu.

Meski demikian, Kemhan Inggris mengatakan Rusia akan gagal mendapatkan momentum di area lain.

"Jika melihat rencana awal Rusia, tidak ada strategi objektif yang tercapai. Untuk mencapai sebuah bentuk kesuksesan, Rusia membutuhkan investasi besar atas tentara dan peralatan, dan kemungkinan membutuhkan waktu yang lama," tuturnya.

Informasi ini muncul kala Rusia dan Ukraina sedang berjuang menguasai Kota Severodonetsk.

Sebagaimana dilansir Reuters, jika Rusia berhasil menguasai Severodonetsk, juga Kota Lisichansk, Kremlin bakal menggenggam seluruh wilayah Luhansk, Provinsi Donbas.

(pwn/jal)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER