Diplomasi Gowes Sepeda Jokowi dan PM Australia di Istana Bogor

CNN Indonesia
Senin, 06 Jun 2022 15:15 WIB
Presiden Indonesia, Joko Widodo, bersepeda bersama Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, di area Kebun Raya Bogor pada Senin (6/6). Joko Widodo (kanan) bersepeda bersama Anthony Albanese di area Kebun Raya Bogor. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Indonesia, Joko Widodo, bersepeda bersama Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, di area Kebun Raya Bogor pada Senin (6/6). Hal ini disebut sebagai salah satu cara diplomasi kedua negara.

Jokowi mengajak Albanese bersepeda usai mereka melakukan kegiatan menanam pohon. Kedua pemimpin lalu menggowes sepeda menuju menuju Resto Raasaa yang terletak di Kebun Raya Bogor.

Selain cuaca yang mendukung, Jokowi mengatakan sepeda merupakan moda kendaraan yang ramah lingkungan.


"Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan." ujar Jokowi dalam pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (6/6).

Jokowi kemudian berujar, "Ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga."

Sementara itu, Albanese mengaku pengalaman bersepeda merupakan pengalaman yang luar biasa dan suatu kehormatan.

"Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini," ujar Albanese.

Lebih lanjut, Albanese memandang bahwa kegiatan bersepeda tersebut menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia.

Jokowi, lanjut dia, bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia.

"Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra," ucap Albanese.

Aktivitas bersepeda itu, katanya, akan terus terkenang di benang Albanese yang baru dilantik sebagai perdana menteri pada 22 Mei lalu.

"Setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Jokowi dan Albanese menggunakan sepeda bambu yang dirancang untuk digunakan di jalan raya. Sepeda tersebut merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Usai bersepeda kedua pemimpin negara itu melakukan tatap muka dan pertemuan bilateral lalu konferensi pers bersama.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengaku menyampaikan sejumlah hal. Mulai dari pentingnya perluasan ekspor ke Australia, kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan, energi dan perubahan iklim serta pentingnya memperkuat ketahanan pangan dan implementasi AI-CEPA.

AI-CEPA merupakan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Uni Eropa.

Albanese dan rombongannya dari Australia berangkat dari negaranya pada Minggu (5/6). Mereka akan berada di Indonesia hingga besok, Selasa (7/6).

(isa/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER