Geger Pesawat Misterius Terobos Langit Eropa Timur, Pilot Hilang

pwn | CNN Indonesia
Jumat, 10 Jun 2022 12:18 WIB
Pesawat jenis Beechcraft itu melintasi langit sejumlah negara Eropa Timur sebelum akhirnya mendarat dan ditinggalkan sang pilot di Hungaria. Pesawat jenis Beechcraft itu melintasi langit sejumlah negara Eropa Timur sebelum akhirnya mendarat dan ditinggalkan sang pilot di Hungaria. Ilustrasi. (Foto: Akradecki/wikimedia.org (GFDL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah pesawat misterius menjelajahi wilayah udara beberapa negara Eropa timur tanpa izin pada Kamis (9/6). Insiden itu membuat pasukan angkatan udara sejumlah negara di kawasan dalam posisi siaga.

Kementerian Pertahanan Bulgaria menyampaikan pesawat itu sempat terbang melintasi Hungaria, Serbia, dan Rumania, sebelum masuk ke zona udara Bulgaria pada pukul 19.09 waktu setempat, Rabu (8/6).

Sebagaimana diberitakan AFP, pesawat itu lalu mendarat dan ditinggalkan begitu saja di wilayah Bulgaria oleh kru dan pilot yang hingga kini hilang misterius.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rumania, pesawat itu berjenis Beechcraft dengan dua kursi kru.

Pihak kementerian juga mengatakan pesawat itu tak memiliki jadwal penerbangan yang disetujui dan transpondernya dimatikan.

Bahkan, sang pilot tak menanggapi permintaan radio dan sinyal visual yang diajukan Rumania.

Merespons kemunculan pesawat itu, sebanyak dua jet tempur Gripen Hungaria, dua jet F-16 Amerika Serikat, dan dua jet F-16 Rumania dikerahkan. Masing-masing dari mereka mencoba mencegat pesawat misterius itu dan mengawalnya sampai ke kawasan udara Bulgaria.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Bulgaria Dragomir Zakov mengatakan negaranya tak langsung mengirimkan jet tempur karena "pesawat itu tak dianggap sebagai ancaman kala itu."

Pihak Kemhan Bulgaria juga menuturkan kondisi penerbangan kala itu buruk imbas kemunculan badai petir dan hujan lebat.

Setelah masuk langit udara Bulgaria, pesawat misterius itu lalu berhenti di Kota Danube, Vidin, untuk mengisi bahan bakar.

Kementerian Dalam Negeri Bulgaria lalu menemukan pesawat itu ditinggalkan di lapangan udara tua dekat Targovishte.

Menteri Dalam Negeri Bulgaria Boyko Rashkov mengatakan mesin pesawat masih hangat kala ditemukan. Namun, kru pesawat menghilang dan tak diketahui sampai saat ini.

Rashkov juga mengungkapkan pesawat itu berusia 60 tahun. Pesawat itu lepas landas dari Lithuania, pun sempat melewati Polandia dan Slovakia.

Temuan itu menjadikan total tujuh negara dilewati pesawat misterius ini.



(pwn/rds)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER