AS 'Jealous' Lihat Xi Jinping-Putin Pamer Kemesraan via Telepon

rds | CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 02:00 WIB
Amerika menyindir kemesraan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam percakapan telepon di hari ulang tahun Xi. Amerika menyindir kemesraan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam percakapan telepon di hari ulang tahun Xi. (Foto: Maxim SHIPENKOV / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat menyatakan keprihatinan melihat kemesraan yang ditunjukan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui percakapan telepon pada Rabu (15/6).

Dalam sambungan telepon itu, Xi Jinping menegaskan China akan terus mendukung Rusia, termasuk soal masalah kedaulatan hingga keamanan.


Dukungan itu ditunjukan Xi Jinping ketika Rusia tengah disudutkan Barat terkait invasinya ke Ukraina. Sejak invasi berlangsung pada 24 Februari lalu, China belum melayangkan kecaman dan penolakannya tidak seperti kebanyakan negara lainnya.

"China mengklaim dirinya netral, tetapi perilakunya memperjelas bahwa mereka masih berinvestasi dalam hubungan dekatnya dengan Rusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, pada Kamis (16/6).

Price menuturkan Washington memperingatkan China bahwa setiap negara yang berpihak pada Putin soal Ukraina berada "di sisi sejarah yang salah."

"Lebih dari tiga bulan setelah invasi, China masih berdiri di samping Rusia. China masih menggemakan propaganda Rusia di seluruh dunia," kata Kemlu AS seperti dikutip AFP.

"China masih melindungi Rusia dalam organisasi internasional dan masih menyangkal kekejaman Rusia di Ukraina dengan meyakini bahwa mereka telah dibohongi," paparnya menambahkan.

Menurut Kemlu AS, negara-negara yang berpihak pada Putin akan menemukan diri mereka berada di sisi sejarah yang salah.

"Ini bukan saat untuk berdalih atau bersembunyi atau menunggu untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya. Sudah jelas apa yang terjadi," kata Kemlu AS.

Kemesraan Xi Jinping-Putin, baca di halaman berikutnya >>>

 

Kemesraan Putin dan Xi Jinping

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER