Alasan Putin Dikabarkan Rajin Mandi Darah Rusa

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 07:12 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan rajin mandi dengan darah Rusa Siberia sebagai upaya menjaga kesehatan. Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan rajin mandi dengan darah Rusa Siberia sebagai upaya menjaga kesehatan. (Foto: via REUTERS/SPUTNIK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan rajin mandi menggunakan darah yang diambil dari tanduk rusa di Siberia.

Sebagaimana dilansir AFP, ritual tersebut dilakukan Putin guna mendapatkan umur panjang. Metode mandi darah rusa ini dikenalkan oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang juga berasal dari Siberia.


Putin sendiri sempat dikabarkan mengidap kanker stadium lanjut, dikutip dari Newsweek.

Walaupun demikian, klaim itu dibantah oleh Kremlin.

Di sisi lain, kesehatan Putin sebenarnya masih menjadi misteri, mengingat pria itu sering ditunjukkan sebagai tokoh 'macho' dan sehat.

Kremlin hanya pernah mengakui Putin memiliki masalah kesehatan pada 2012 lalu. Saat itu, Putin sempat membatalkan beberapa pertemuan dan hilang dari publik.

Kremlin mengklaim Putin menderita cedera otot, tetapi satu media mengklaim Putin mengalami masalah punggung setelah sempat terbang menggunakan layang gantung.

Tak hanya itu, kesehatan Putin seakan menjadi 'rahasia besar' Rusia, membuat Kremlin memberikan 'perlindungan ekstra' demi menjaga pandora itu.

Kremlin juga tak mengungkapkan foto Putin menerima vaksin Covid-19. Orang yang ingin kontak erat dengan Putin harus melewati berbagai aturan ketat, termasuk karantina beberapa hari.

Bahkan, majalah Prancis, Paris Match, sempat mengabarkan Putin sampai harus ditemani ke toilet saat berkunjung ke Arab Saudi (2019) dan Prancis (2017).

Putin didampingi oleh sebuah tim yang bertugas menyimpan ekskresi pria itu, demi mencegah kekuatan asing dapat menganalisis urine dan tinja Putin.

(pwn/bac/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER