Kisah Masa Kecil Putin, Hidup Miskin di Markas Preman dan Tukang Ribut

CNN Indonesia
Selasa, 28 Jun 2022 17:22 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menjalani masa kecilnya dengan kehidupan yang amat keras, tinggal di apartem penuh tikus yang merupakan sarang preman. Foto: Tangkapan layar web en.putin.kremlin.ru
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Rusia Vladimir Putin jadi sorotan dunia karena memerintahkan invasi ke Ukraina.

Putin kini disebut sebagai salah satu pemimpin otoriter yang terus melanggengkan kekuasaan di Rusia.

Semenjak Putin meluncurkan invasi ke Ukraina, banyak orang penasaran terkait apa yang ada di pikiran Presiden Rusia tersebut. Kesehatan mental hingga rumor ia mengidap kanker memenuhi dunia maya terkait spekulasi soal misteri kesehatan pria itu.

Tak hanya kesehatan Putin, kisah masa kecil Putin juga menjadi sorotan dunia. Sejumlah pihak penasaran kehidupan masa kanak-kanak sampai menjadi penguasa Rusia hingga saat ini.

Sebagaimana diberitakan situs resmi Kremlin, Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di Kota Leningrad, yang kini dikenal dengan nama St Petersburg.

[Gambas:Video CNN]

"Saya datang dari keluarga normal, dan ini bagaimana saya hidup sejak lama, hampir seluruh hidup saya. Saya hidup sebagai orang biasa, normal, dan saya selalu menjaga koneksi itu," kata Putin dalam situs tersebut.

Ibu Putin, Maria Shelomova, dideskripsikan sebagai orang yang sangat baik dan suka menolong.

"Kami hidup dengan sup kol, irisan daging, panekuk, tetapi pada Minggu dan hari libur, ibu saya bakal memanggang roti isi [pirozhki] yang sangat enak, yang dipenuhi kol, daging, nasi, dan pai [vatrushki]," tutur Putin.

Walaupun begitu, ibunda Putin tak menyetujui keputusannya belajar judo.

"Setiap kali saya pergi untuk berlatih, dia bakal komplain,' dia [Putin] pergi berkelahi lagi,'" cerita Putin.

Sementara itu, ayah Putin, Vladimir Putin, sempat ikut dalam perang. Pada 1950-an, ayah Putin bekerja sebagai satpam, lalu menjadi mandor.

"Ayah saya lahir di St Petersburg pada 1911. Saat Perang Dunia I dimulai, hidup di St Petersburg menjadi sulit, orang-orang kelaparan, jadi seluruh keluarga kami pindah ke Pominovo, sebuah desa di wilayah Tver, yang merupakan kampung halaman nenek saya. Di Pominovo, ayah saya bertemu ibu saya, dan mereka menikah pada umur 17 tahun," tutur Putin lagi.

Setelah perang, Putin tinggal di apartemen komunal di Baskov Lane, St Petersburg.

Meski mengaku kehidupan Putin normal, sebuah media mengatakan pria itu hidup bersama dengan tikus di apartemennya yang bobrok.

Putin kecil yang hidup miskin di apartemen penuh tikus hingga hobi ribut, baca di halaman berikutnya...

Tinggal di Flat Penuh Tikus dan Lingkungan Markas Preman

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER