Masa Muda Erdogan, Bocah Alim Penjual Roti dan Jago Orasi

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 18:50 WIB
Recep Tayyip Erdogan besar dari lingkungan keluarga sederhana, kerap membantu orang tua menjual roti wijen dan ia merupakan orator hebat. Recep Tayyip Erdogan termasuk penentang sekularisasi di Turki. (AFP/GABRIEL BOUYS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merupakan salah satu pemimpin yang lama berkuasa di negara tersebut.

Erdogan menjabat sebagai perdana menteri sejak 2003 hingga 2014, lalu mengemban tanggung jawab sebagai presiden sejak 2014 hingga saat ini.

Ia merupakan pemimpin beragama Muslim yang beraliran Sunni. Ia juga termasuk dalam 500 tokoh muslim yang paling berpengaruh di dunia pada 2022.

Erdogan lahir di Istanbul pada 26 Februari 1954, dikutip dari situs resmi pemerintah Turki.

Sebagaimana diberitakan Populism Studies, Erdogan lahir di pemukiman miskin Istanbul, Kasimpasa. Ia dibesarkan oleh keluarga kelas pekerja.

[Gambas:Video CNN]

Erdogan kecil menghabiskan waktunya di Rize, tempat ayahnya bekerja sebagai penjaga pantai. Namun, Erdogan dan keluarganya kembali ke Istanbul saat ia berusia 13 tahun, dikutip dari Biography.

Keluarga Erdogan bukanlah keluarga yang memiliki banyak uang. Erdogan sempat menjual minuman lemon dan roti wijen di jalanan kala remaja.

COMCEC melaporkan, Erdogan menempuh pendidikan SD di Kasimpasa Piyale dan lulus pada tahun 1965.

Sementara itu, karakter religius Erdogan tampak sejak kecil. Saat Erdogan berada di kelas lima SD, ia sempat mengajukan diri untuk melangsungkan salat di kelas agama.

"Saya tak melihat ada murid yang bersedia, jadi saya bilang saya bakal melakukannya," kata Erdogan dalam wawancara bersama The Wall Street Journal.

"Dia [direktur SD kami] meletakkan koran di lantai. Saat saya mengatakan saya tidak bisa melakukannya di atas koran yang bergambar, dia menutupinya dengan taplak meja, dan saya melakukan salat di taplak meja," tuturnya.

"Saya juga mengajarkan murid lain terkait apa yang benar dan apa yang salah [saat melakukan salat]."

Masa remaja Erdogan pernah menjadi pesepak bola di Turki...



Kisah Erdogan Saat Remaja

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER