Jokowi Temui Zelensky, Indonesia dan Ukraina Sepakati Bebas Visa

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 30 Jun 2022 21:01 WIB
Indonesia dan Ukraina menyepakati aturan bebas visa dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (30/6). Indonesia dan Ukraina menyepakati aturan bebas visa dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (30/6). (Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia dan Ukraina menyepakati aturan bebas visa dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (30/6).

"Dengan senang saya menginformasikan kepada kalian kesepakatan kami untuk memperkenalkan bebas visa kunjungan antara negara kami," ujar Zelensky dalam konferensi pers bersama Jokowi setelah pertemuan.

Sebagaimana dilansir Interfax, Zelensky kemudian berkata, "Dari segala sudut pandang, ini merupakan kesepakatan yang penting bagi rakyat kami, juga pembangunan sosial, dan hubungan antarwarga."

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Zelensky juga membahas sederet isu lainnya, termasuk bara perang antara Ukraina dan Rusia yang tak kunjung padam sejak Februari lalu.

Jokowi mendorong dialog damai antara Ukraina dan Rusia. Ia menyadari dialog memang sulit tercapai, tapi tetap penting untuk dilakukan.

Ia menegaskan bahwa perdamaian ini tak hanya penting bagi Ukraina dan Rusia, tapi juga dunia, karena harga pangan dan energi global melonjak imbas perang ini.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan langsung undangan agar Zelensky dapat hadir ke pertemuan puncak (KTT) G20 di Bali pada November mendatang.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga menawarkan diri sebagai pembawa pesan dari Zelensky untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Jokowi memang bakal bertemu dengan Putin pada hari ini, Kamis (30/6). Sama seperti di Ukraina, Jokowi juga akan membawa misi perdamaian ke hadapan Putin.

[Gambas:Video CNN]

(has/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER